OutBound Bogor Puncak | Untuk Meningkatkan percaya diri dengan kegiatan OutBound

OutBound Bogor Puncak untuk meningkatkan percaya diri dan pengendalian stress

OutBound Bogor Puncak – Artikel dengan judul “OutBound Bogor Puncak untuk meningkatkan percaya diri dengan kegiatan OutBound” ini merupakan pemindahan artikel dari situs Highland Indonesia versi co.id, dengan alasan bahwa artikel ini dirasa cukup repesentatif dan utuh menguraikan tentang OutBound dan manpaat kegiatan Outbound di tinjau dari berbagai kajian ilmu pengetahuan.

Sudah sejak tahun 2009, selain menyediakan tempat camping di Bogor dengan brand Highland Camp. Highland Indonesia adalah perusahaan yang bergerak dalam jasa penyelengara kegiatan OutBound Puncak Bogor dan penyelengara perjalanan wisata dengan brand Wisata Halimun. Sudah banyak lembaga Nasional dan Internasional pernah melakukan kegiatan OutDoor Activities nya di Highland Camp, dan tidak sebatas di Camp, beberapa kegiatan OutBound yang di selenggarakan oleh PT Highland Indonesia kegiatannya dilakukan di hotel-hotel, terutama hotel yang berada di Bogor dan kawasan Puncak, hal ini untuk mengakomodir kebutuhan mitra kerja Highland yang tidak menggunakan Highland Camp sebagai tempat kegiatan. –  OutBound Bogor Puncak –

H O T L I N E

senam outbound di puncak

Artikel OutBound Bogor Puncak untuk meningkatkan percaya diri dan pengendalian stress

OutBound Bogor Puncak – Percaya diri (self confidence) merupakan modal utama seseorang untuk mencapai sukses. Orang yang mempunyai kepercayaan pada diri sendiri berarti orang tersebut sanggup, mampu, dan meyakini dirinya bahwa ia dapat mencapai prestasi yang diinginkannya. Percaya diri merupakan modal untuk dapat maju, karena pencapaian prestasi maksimal dan pemecahan rekor atlet harus dimulai dengan percaya bahwa ia dapat dan sanggup melampaui prestasi yang pernah dicapainya (Gunarsa, 1989:51). Perasaan kurang percaya diri merupakan tumpuan yang lemah untuk mencapai prestasi maksimal, kurang percaya diri berarti meragukan kemampuan diri, dan merupakan bibit ketegangan dalam menghadapi pertandingan atau menghadapi lawan yang seimbang, dan ketegangan tersebut jelas merupakan bibit kekalahan dalam suatu pertandingan.

Dalam kenyataannya tidak semua orang atau atlet memiliki percaya diri, terkadang minder dengan apa yang dimilikinya. Padahal untuk melakukan kegiatan termasuk kegiatan yang menantang harus mempunyai percaya diri supaya tujuan yang diharapkan dapat terwujud. Tingkat percaya diri yang tinggi sebenarnya hanya merujuk pada adanya beberapa aspek dari kehidupan individu, di mana ia merasa memiliki kompetensi, mampu dan percaya bahwa ia bisa karena didukung oleh pengalaman, potensi aktual, prestasi serta harapan yang realistik terhadap dirinya sendiri.

Untuk menumbuhkan percaya diri, harus dimulai dari dalam dirinya sendiri, hal ini sangat penting untuk mengatasi rasa kurang percaya diri yang ada dalam dirinya. Rasa percaya diri yang ada dalam diri seseorang atau atlet jangan sampai berlebihan, karena tidak akan menggambarkan kondisi kejiwaan yang sehat. Keadaan kondisi kejiwaan yang sehat selalu berorientasi pada kemampuan yang sebenarnya.

Outbound adalah sebuah metode pelatihan, terapi atau pembelajaran yang menggunakan alam sebagai medianya. Outbound merupakan program kegiatan dengan metode bermain sambil belajar yang didalamnya terdapat unsur olahraga. Dalam pelatihan outbond selalu berdasarkan pada prinsip “experiental learning” yang disajikan dalam bentuk permainan, simulasi, diskusi, dan petualangan sebagai media penyampaian materi. Dalam aktivitas tersebut, peserta langsung terlibat pada aktivitas belajar sambil bekerja dan segera mendapat umpan balik tentang dampak dari kegiatan yang dilakukannya.

Salah satu tujuan dari outbound adalah untuk meningkatkan kinerja seseorang khususnya yang berkaitan dengan mental dan perilaku seperti meningkatkan rasa percaya diri, berkomunikasi, berkerja sama, mengembangkan kretifitas, dan kemampuan mengatasi tekanan dan beragam kesulitan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Rasa percaya diri dapat membuat atlet mampu membebaskan dirinya dari tekanantekanan (stres) yang dihadapi dalam aktifitas olahraga (Tandio, 1997:47).

Metode untuk mengatasi stress yang dialami seseorang sangat beraneka ragam, seperti relaksasi, terapi musik, istirahat yang cukup, memelihara hubungan yang sehat, rekreasi dan berolahraga diantaranya adalah outbound (Yates, 1979:5). Dengan demikian, olahraga merupakan salah satu bentuk aktivitas yang bisa melepas rasa stres yang kerapkali dialami dalam kehidupan sehari-hari, oleh sebab itu olahraga akan memberikan suasana rileks pada tubuh yang melakukan aktivitas tersebut. – OutBound Bogor Puncak 

outbound gathering adikari memeluk pipa

PENGERTIAN OUTBOUND

OutBound Bogor Puncak – Outbound berasal dari kata outward bound, yaitu dari kata ajakan “lets go to outward” yang sekarang menjadi sebuah yayasan di Inggris yang bergerak dalam pendidikan di luar ruangan (outdoor education) dengan nama Outward Bound International. Outward bound di Indonesia lebih dikenal dengan outbound manajemen trainning (OMT) yang memadukan ilmu manajemen sebagai metode pelatihan dengan kegiatan di alam terbuka. Outbound atau outbound manajemen training adalah suatu program pelatihan manajemen di alam terbuka yang berdasarkan pada prinsip experiental learning yang disajikan dalam bentuk permainan, simulasi, diskusi dan petualangan sebagai media penyampaian materi (Ancok, 2002:35). Penerapan ilmu manajemen berkenaan dengan bagaimana mengatur diri sendiri, dan kelompok orang lain yang didalamnya disajikan berbagai kegiatan permainan untuk membentuk kepercayaan diri (self confidence), membentuk kelompok (team building), jiwa kepemimpinan (leadership) dan sebagainya.

Outbound adalah sebuah metode pembelajaran untuk mencari pengalaman dengan menggunakan alam terbuka (outdoor education) sebagai medianya (Hahn, 2004:1). Selain itu, outbound memegang peranan penting bagi orang yang tidak pernah menyerah, yang mencoba dan mencoba lagi, dan yang mencoba terus meraih untuk batas waktu yang tidak diketahui (Kusumowidagdo, 2002:1). Outbound adalah suatu proses pendidikan yang mengabdi pada prinsip mengembangkan keyakinan diri individu, perhatian pada orang lain, dan kesadaran diri dalam rencana yang luas ketika dihadapkan dengan tantangan, berbagi pengalaman bersama yang menyertakan petualangan dan jasa layanan (Suhendra, 2002:9).

Dari beberapa pendapat tersebut, outbound mempunyai tujuan luas diantaranya adalah membangun manusia yang memiliki ketahanan mental yang kokoh, pantang menyerah, selalu ingin terus mencoba, menghargai orang lain dan sebagainya.

Dalam filosofi outbound seperti dikatakan Karlisch (1979:9) bahwa: “untuk menghasilkan orang-orang muda yang mampu mempengaruhi bahwa apa yang mereka kerjakan adalah benar, di samping kesukaran, bahaya, keraguraguan, olok-olok, atau keadaan emosi”. Dengan demikian, outbound merupakan upaya untuk membentuk generasi muda agar setiap tindakan yang mereka lakukan dalam kondisi apapun selalu benar. Dalam keadaan bahaya, kesulitan, ragu-ragu, diolok-olok, atau dalam keadaan emosi mereka tidak stabil, tetapi mereka dituntut agar selalu bertindak dan mengambil keputusan dengan benar”. – OutBound Bogor Puncak 

outbound puncak bogor fitri

OUTBOUND BOGOR PUNCAK DAN PERCAYA DIRI

OutBound Bogor Puncak – Outbound mempunyai tujuan luas yang didalamnya berisikan aktivitas permainan. Aktivitas tersebut, disadari atau tidak, dapat membina dan meningkatkan rasa percaya diri (self confidence) bagi yang melakukannya (Hamidi, 2007:45). Selain itu, outbound sebagai metode terapi yang dilakukan di alam bebas (diluar ruangan) yang didalamnya dilakukan permainan-permainan olahraga yang bersifat menantang, dan membutuhkan semangat juang tinggi, rasa percaya diri dan membutuhkan pemikiran yang tidak sedikit tetapi sangat menyenangkan.

Peserta outbound dilatih untuk lebih berani mengambil segala kemungkinan dengan memperhitungkan resiko tertinggi yang akan dihadapinya. Peserta dilatih untuk melakukan sesuatu dengan penuh perhitungan dan memikirkan resiko-resiko yang dihadapi. Peserta dalam kegiatan tersebut, akan merasa cemas ketika melihat tali yang membentang diantara dua pohon yang tinggi, lingkungan yang asing dan sebagainya. Namun peserta harus mencoba untuk melakukan dan memecahkan masalah yang dihadapinya. Peserta harus memiliki prinsip bahwa dia juga bisa melakukannya sebagaimana orang lain yang bisa melakukannya. Selain itu, peserta outbound harus berusaha melawan kekhawatiran dan perasaan takut yang dihadapi dan dirasakannya.

Ketika seseorang terus menghindar dan menutup diri dari permasalahan yang menyebabkan dirinya takut dan cemas, maka perasaan kurang percaya diri yang dirasakan itu akan menghambat peserta dan tidak berani menghadapi tantangan. Salah satu gejala psikis yang timbul akibat kecemasan adalah hilangnya rasa percaya terhadap kemampuan diri yang dimilikinya. Salah satu tujuan dari kegiatan outbound, adalah membangun rasa percaya diri. Jeffers (2004:30) mengatakan: “membina kepercayaan dalam diri adalah mengusir perasaan cemas dan teruskan pekerjaan yang membuat anda cemas”.

Bagaimanapun juga dalam outbound membutuhkan percaya diri dan keberanian yang penuh dan tantangan yang harus dihadapi. Berani mengambil resiko dengan penuh perhitungan merupakan salah satu yang dipelajari dalam kegiatan outbound. Jajat (2006:32) mengatakan bahwa: “Orang yang memiliki kepercayaan diri tinggi, berjiwa pemimpin, pencemas, dan trauma akan kejadian di masa lampau, orang yang tidak bisa mengendalikan emosinya dan sebagainya biasanya akan terlihat ketika dihadapkan dalam kegiatan outbound. Kegiatan outbound akan mencoba mengurangi ketakutan dan kekhawatiran yang timbul akibat dari lingkungan dan rekan-rekan yang baru saja dikenalnya.”

Perasaan kurang percaya diri, cemas, takut, khawatir dan lain sebagainya harus diatasi, orang yang takut ketinggian, dalam kegiatan outbound dituntut untuk berani mengalahkan perasaan tersebut. Orang yang takut serta khawatir, maka dirinya tidak akan mampu melakukan sesuatu yang mungkin masih baru.

Dengan demikian, dalam kegiatan outbound orang dituntut untuk mencoba melakukan dan menghilangkan perasaan takut yang dialaminya. Beberapa pendapat mengatakan bahwa belajar di alam terbuka lebih efektif, karena akan merasakan langsung apa yang dipelajarinya. Alam memberikan pengalaman nyata dan dapat dirasakan secara langsung. Oleh sebab itu, outbound diharapkan dapat mengukur langsung kepercayaan diri seseorang, karena dalam outbound orang dituntut untuk meningkatkan kepercayaan dirinya untuk melakukan berbagai tugas yang harus dilakukannya. – OutBound Bogor Puncak –

gathering outbound wilmar berpelukan

OUTBOUND DAN STRESS

OutBound Bogor Puncak – Stres berasal dari bahasa latin (strictus) berati ketat atau sempit, dan kata kerja (stringere) berarti mengetatkan (tighten). Menurut Aswi (2008:15) stres berasal dari kata Perancis (retrecir) berarti kesempitan, suatu penyempitan, atau faktor pembatasan kekuatan. Selye (1976:1) menggambarkan stres sebagai desakan atau tekanan yang dihadapi oleh individu berikut peristiwa yang berlaku padanya.

Dalam tekanan ini seseorang perlu menyeimbangkan tuntutan perubahan dengan kemampuan yang ada pada dirinya. Kegagalan untuk mencapai keseimbangan akan menyebabkan stres. Gregson (2007:29) mengatakan stres diartikan sebagai status yang dialami ketika muncul ketidakcocokan antara tuntutan dengan kemampuan yang kita miliki. Maksud pernyataan tersebut stres muncul ketika ada tuntutan terhadap pribadi seseorang yang membebani atau melampui batas sumber daya yang diperlukan atau dimiliki dalam menyesuaikan dirinya. Stres merupakan sesuatu yang wajar terjadi pada diri individu, dan memberikan dampak kepada aspek fisik dan psikis. Kondisi lingkungan yang baru dihadapi cenderung menyebabkan stress ketika kontrol emosi kurang baik dalam memahami lingkungan tersebut. Apabila emosi terkontrol dengan baik, stress dijadikan sebagai kesiapan psikologis seseorang untuk melakukan sesuatu.

Dalam kehidupan sehari-hari orang banyak melakukan aktivitas di dalam ruangan dengan suasana penat yang menimbulkan kebosanan dan perasaan jenuh. Untuk mengatasi gejala tersebut, terapi yang bisa dilakukan diantaranya melakukan kegiatan di alam terbuka/alam bebas. Yates (1979:1) mengatakan: “salah satu cara yang dapat mengurangi stres yaitu berusaha mempertahankan aktivitas yang kreatif di luar … misalnya berolahraga atau berekreasi”.

Olahraga merupakan salah satu bentuk aktivitas yang bisa melepaskan stres. Dengan berolah raga, ketegangan yang dialami seseorang diganti dengan suasana rileks. Aktivitasnya seperti fitness centre, berenang, bersepeda, outbound dan sebagainya.

Dalam outbound peserta diajak untuk mempelajari perubahan yang terjadi yang berkenaan dengan alam beserta isinya. Aktifitas di alam terbuka sekurang-kurangnya 24 jam merupakan media efektif untuk mengenal pribadi seseorang secara lebih mendalam. Karena pada saat tersebut, karakter dan tabiat seseorang teridentifikasi secara jelas. Dalam aktifitas tersebut, individu menjadi diriya sendiri, mereka tertantang dengan permainan yang membutuhkan adrenalin cukup tinggi. Ketegangan yang timbul dalam aktivitas tersebut membuat jiwa seseorang lebih kuat, dan perasaanya lebih rileks.

Ancok (2003:3) menegaskan: “metode pelatihan di alam terbuka dapat digunakan untuk kepentingan terapi kejiwaan” Salah satu contoh bentuk permainan yang dapat mengurangi stres adalah ice breaking. Ice breaking adalah berbagai bentuk permainan yang dilakukan sebagai pemanasan sebelum melakukan kegiatan outbound, dalam kegiatan ini bentuk pemanasan mengarah pada upaya memecahkan rasa beku dalam suatu kelompok. Ice breaking bertujuan menimbulkan jiwa sportif, kerjasama dalam kelompok, rasa tanggung jawab dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan. Selain itu, menghilangkan tekanan-tekanan yang ditimbulkan akibat rutinitas. – OutBound Bogor Puncak

outbound camping awi tertawa

KESIMPULAN OUTBOUND BOGOR PUNCAK

OutBound Bogor Puncak – Pelatihan Sumber Daya Manusia yang dengan menggunakan metode OutBound Management Training merupakan solusi alternatif guna meningkatkan kafasitas dan kapabilitas personal maupun team work sebuah lembaga. Aktivitas yang lebih banyak dilakukan di luar ruangan ini mengunakan simulasi permainan sebagai alat untuk pembelajarannya. dengan belajar dari pengalaman (experential learning) para peserta pelatihan diharapkan dapat langsung mendapatkan solusi dalam sebuah persoalan diri ataupun team kerja.- OutBound Bogor Puncak

H O T L I N E

Bersama Highland Indonesia, tempat dimana perusahaan atau lembaga anda bernaung dapat melakukan kegiatan OutBound sebagai sebuah pelatihan untuk meningkatkan kapasitas diri dan team atau OutBound sebagai muatan dalam kegiatan-kegiatan Gathering, Camping Outing. Silahkan hubungi HOTLINE kami untuk kegiatan Outbound. – OutBound Bogor Puncak

Layanan kami

outbound bogor dan outbound puncak-games simulasi

OutBound

Sebagai metode mengembangkan tim, kepemimpinan dan pengembangan diri, OutBound merupakan bentuk pengalaman langsung terhadap sebuah fenomena kehidupan yang di simulasikan dalam permainan edukatip. kami akan menyajikan nya untuk anda Outbound sebagai metode pelatihan SDM dan OutBound sebagai kegiatan wisata bermuatan learning. Joint With US, contact HOTLINE !

outbound traveloka poto bareng

Gathering

Pernahkan anda mengikuti gathering perusahaan yang diselengarakan di lingkar suasana hutan alam dengan hangatnya camping ground yang kental dengan kegiatan-kegiatan bernuansa petualangan dan edukasi, atau gathering yang dilakukan di sebuah puncak bukit dengan pemandangan Megahnya 3 puncak gunung. Bersama kami gahtering anda akan berbeda. Joint With US, contact HOTLINE !

Camping outbound Bogor

Camping

Berbagai kegiatan dapat dilakukan pada saat camping seperti trekking, susur sungai, membuat api unggun kebersamaan, itu memang seru !, namun ada yang tak kalah seru nya ketika kegiatan gathering perusahaan atau Outing yang dikemas dengan konsep camping, disisipi kegiatan OutBound dan Adventure dalam nuansa kebersamaan dan learning.  Ngemping yuk di Highland ! 

Outbound Bogor dalam archery games

Paintball dan Archery 

Selain untuk memicu adrenalin atau sebatas permainan yang menyenangkan, Paintball mampu melatih kecerdasan, ketepatan, fokus dan strategi team. hal berbeda dengan “Archery Attack” yang menganut konsep permainan lokal, yaitu sebuah permainan menggunakan panah dan busur sebagai alat nya. Archery Attack inipun serunya tidak kalah dengan paintball, anda mau nyoba ?

Comments are closed.