highland curug panjangTHE BIGGEST CAMPING GROUND IN PUNCAK
tempat camping curug panjang
tempat camping curug panjang bogor
tempat camp taman kunang kunang

Taman Kunang-Kunang

Highland camp Curug Panjang

Highland Camp Curug Panjang merupakan tempat berkemah terbesar di kawasan pariwisata Puncak yang menjadi Nol Kilometer-nya bumi perkemahan di kabupaten Bogor, berada di punggungan gunung Paseban Desa Megamendung, Kecamatan Megamendung Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada ketinggian 949 – 1096 Mdpl, bernuansa hutan tropis yang dikelilingi oleh 3 aliran anak sungai Ciliwung.

Dengan luas kawasan + 5,9 Hektar, Highland Camp Curug Panjang terbentuk dari keindahan lansekap buatan yang memperlihatkan pola keteraturan sebuah camping ground diantara pesona lansekap alam bentukan formasi bumi, panorama perbukitan, vegetasi hutan, dan elemen air yang merupakan daya dukung untuk beragam aktivitas luar ruangan.

Highland Camp Curug Panjang berada dalam kawasan Perum Perhutani yang didesain sebagai Miniatur Halimun, pengembangnnya didekati dengan prinsip-prinsip Wisata Ramah. Selain camping ground, dalam kawasan ini terdapat, Air terjun, jalur treking hutan (interpestasi) dan jalur telusur sungai, kampung Halimun, Kopi Rimba (tempat ngopi dalam suasana rimba), dan Taman Kunang-Kunang.

Taman Kunang-kunang merupakan rumah bagi ribuan serangga bercahaya, merupakan satu dari banyak keanekaragaman biodiversitas fauna yang dipertahankan populasinya untuk kepentingan Pariwisata (Wisata Minat khusus), penelitian dan pendidikan.

H O T L I N E


Terdapat 7 (tujuh) blok di Highland Camp Curug Panjang dengan karakter yang berbeda pada setiap blok nya, yaitu Batu tapak, Nirmala Agung, Sanggabuana dan blok Situhiyang. empat (4) blok dengan daya tampung + 500 orang ini diperuntukan untuk kegiatan yang sifatnya kelompok, seperti kegiatan perusahaan, komunitas dan lembaga-lembaga pendidikan.

Blok Ciputri yang sebagian besar campside nya berada dibawah tajuk tegakan, diperuntukan bagi penikmat camping perorangan dan sifatnya umum.  Suasana di blok Ciputri akan terasa lebih sejuk dan teduh bercampur dengan aroma pinus (Pinus merkusii) dan kopi Arabika (Coffea arabica) yang pohonnya banyak tumbuh dan tersebar. Sementara blok kendeng dan kencana di peruntukan untuk mengakomodir camping keluarga.

Highland Camp Curug Panjang yang berlatar perbukitan, hutan dan berhiaskan air terjun ini berhawa sejuk di siang hari serta dingin pada malam dan menjelang dini hari. Tidak jauh dari camping ground anda akan di suguhkan Curug Panjang, Curug Naga, Curug Barong dan Curug Saimah yang aliran air nya berasal dari zona penyangga kawasan sebelah barat daya Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Highland Camp Curug Panjang terletak pada koordinat S 06°65’06.7” E 106°94’46.9”, berjarak ± 68 km sebelah selatan Jakarta. Silahkan menghubungi HOTLINE kami untuk detail informasi Highland Camp Curug Panjang.

Salah satu aktivitas di Highland Camp Curug Panjang adalah Outbound Manajemen Training , OMT adalah program pelatihan manajemen di alam berdasar pendekatan experiental learning dan berpijak Adventure Learning Base dimana materi pelatihan di sampaikan dalam bentuk permainan, simulasi, diskusi dan petualangan. Pelatihan ini untuk membangkitkan kepercayaan diri (self confidence), membentuk kelompok (team building), membangun karakter (character building) dan membangkitkan jiwa kepemimpinan (leadership) dls. Dengan Highland Indonesia, OutBound sebagai sebuah metode pelatihan Sumber Daya Manusia pun sebagai sisipan muatan yang mengandung learning dalam kegiatan Gathering, Outing dan Camping dalam gendre Fun OutBound.

Selain Camping, Outing dan Gathering dalam nuansa edukatif dan rekreatif dengan muatan Fun OutBound, beberapa layanan jasa kami yang di pusatkan di Highland Camp Curug Panjang lainnya adalah paintball. Paintball sebagai sebuah simulasi games di mana pemain terlibat dalam pertempuran, objek permainan didasarkan pada prinsif “survival of the firest”, selain untuk memicu adrenalin atau sebatas wahana permainan yang menyenangkan, paintball mampu melatih kecerdasan, ketepatan dan strategi team.

tak urung Program Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) untuk sekolah menengah dan mahasiswa, orientasi kampus dan Kegiatan – kegiatan yang bertemakan jungle survival menjadi warna kegiatan di Highland Camp Curug Panjang. Program Jungle survival dapat memberikan gambaran dan tindakan yang harus dilakukan oleh seseorang maupun kelompok ketika mempertahankan hidup dalam kondisi ekstrim dengan berbekal pengetahuan, semangat hidup dengan tetap berusaha dan bekerja keras. Program ini merupakan bentuk pelatihan dalam menghadapi situasi dan kondisi sulit, bertujuan agar seorang individu dapat ber-inisiatif dan mampu keluar dari segala kesulitan, permasalahan dan tantangan yang dihadapi.

Miniatur Halimun Inside

tempat camping di puncak

Highland Camp

Berbagai kegiatan dapat dilakukan di Highland Camp Curug Panjang seperti OutBound Management Training (OMT), Latihan dasar Kepemimpinan (LDK), Adventure EducationGathgering dengan sisipanFun OutBound, Orientasi kampus, atau Camping dengan beragam aktivitasnya adalah solusi kegiatan pro-edukasi sekaligus yang dapat membangun komunikasi efektif, karakter personal atau kelompok serta dapat membangkitkan kualitas kebersamaan dan soliditas organisasi, keluarga atupun komunitas.

taman kunang kunang highland

Taman Kunang-Kunang

Menikmati fenomena keindahan cahaya kunang-kunang yang paling baik ada diantara pukul 19.30–22.00, ketika suhu udara berkisar antara 17–20 ⁰C, dalam keadaan cuaca tidak hujan, serangga ini (Lampyrydae) akan menunggu dalam pekatnya malam untuk mempertontonkan cahaya dramatisnya ketika mereka saling mencari pasangan. Cahaya merah pucat, kuning dan hijau yang berpendar dari bagian tubuhnya itu dihasilkan dari sinar dingin yang tidak mengandung ultraviolet maupun inframerah.

camp curug panjang megamendung bogor

Curug Panjang

Curug Panjang merupakan 1 dari 5 terjunan air yang berada dibadan sepanjang sungai Cirangrang di punggungan gunung Paseban Megamendung, terbentuk karena terjadinya patahan bumi sehingga adanya terjunan air yang melintasi lerengan (slope) sepanjang +20 meter, curahan air yang sejuk dan berwarna hijau tosca itu membentuk kolam yang besar dan aman untuk direnangi. Air terjun lainnya adalah Curug Bulao, Curug Bunder, Curug Naga dan Curug Barong dengan karakter jatuhan airnya vertikal untuk wisata minat khusus.

Aktivitas

Wisata Curug Panjang

Zanti Rossa Arafah

Outbound dan Gathering

Selain menfasilitasi Outbound Management Training, kami dapat merencanakan kegiatan Fun OutBound sebagai sebuah muatan dalam Gathering maupun camping, disajikan lebih ringan dengan menguatkan sisi rekreatif tanpa mengurangi nilai learning. Pembelajaran dalam Outbound menitik beratkan belajar dari pengalaman (experential learning), diawali dengan tahapan pembentukan & perenungan pengalaman, selanjutnya pembentukan & pengujian konsep.

camping di highland camp bogor

Camping

Bisa bersentuhan langsung dengan alam sekaligus menikmati suasana rekreatif di ketinggian 1096 Mdpl bersama keluarga atau teman sekerja dalam nuansa camping itu hal yang sangat mengasyikan. Camping di kawasan Highland Curug Panjang  merupakan alternatif liburan pro-edukasi dan pro lingkungan yang banyak dilakukan oleh mitra-mitra Highland dari perusahan nasional maupun Internasional, lembaga pendidikan, komunitas maupun keluarga. anda mau mencobanya ?

treking hutan di highland camp

Adventure

Beragam aktivitas petualangan seperti Jungle survival, body rafting cliff jumping, telusur sungai, treking hutan atau sekedar menikmati suasana rekreatif  dalam hangatnya api unggun kebersamaan dengan  barbeque atau ngeliwet disela-sela camping akan anda dapatkan pada paket-paket Highland Indonesia, paket yang dapat disesuaikan dengan minat terdalam anda ketika melakukan perjalanan wisata di kawasan Miniatur Halimun, Joint with us for your OutBound experience !

Kawasan Wisata Curug Panjang

Banyak hal yang dapat anda lakukan ketika menapaki kawasan Curug Panjang, tidak sebatas berkemah di Highland camp Curug Panjang atau di Taman Alam Matahari, ragam kegiatan wisata petualangan pun dapat dilakukan pada kawasan yang dikembangkan  oleh Highland Indonesia dan  Perum Perhutani, seperti Cliff Jumping, Body Rafting dan berenang di hijau tosca nya air terjun Curug Panjang, lainnya adalah trekking hutan di jalur interpretasi, telusur sungai, Adventure Education, Archery, atau bisa saja hanya sebatas menikmati secangkir kopi ditengah belantara dengan ssajian kopi lokal (kopi Paseban) yang bercita rasa hutan  (Taste from Nature), dls. Pengembangan kawasan ini merupakan upaya kami guna memuaskan ekspresi wisata alam yang dibalut dalam wisata petualangan dalam nilai-nilai Wisata Ramah.

Wisata Ramah adalah bentuk pariwisata yang menitik beratkan kelestarian alam, keberlanjutan lingkungan dan memberkahi masyarakat di sekitar obyek dengan daya tarik wisata, serta menyangkut wisata alternatif. Dimiliki dan dilakukan oleh masyarakat sebagai pemilik lingkungan dan pesona keindahan alam, pemilik sosial budaya dan kearifan lokal, serta pemilik keramah tamahan guna memenuhi sensasi dan minat terdalam wisatawan dalam aktivitas pariwisata. ( Mutaqin, Ade Zaenal; 2017, Hand Out Konferensi Nasional “Bersama Bersatu Memajukan Pariwisata Danau Toba” Universitas Sumatra Utara)

microsoft indonesia cliff jumping highland camp

CURUG NAGA, BARONG dan PRIUK

Curug NagaBarong dan Curug Priuk hanya untuk Wisata Minat khusus dan diperuntukan bagi wisatawan yang memiliki kecenderungan minat serta tujuan maupun motivasi khusus dalam berwisata. Paket-paket wisata minat khusus yang menjadi unggulan  Highland Indonesia di tiga (3) air terjun ini adalah body rafting dan cliff jumping. Hal Ini tentunya akan berbeda dengan destinasi Curug Panjang dan Curug Bulao yang bergendre wisata massal, dimana semua wisatawan dapat menikmatinya.

Menanam

AGROFORESTRY

Pohon hutan bercampur dengan pepohon serbaguna yang tumbuh dalam kawasan Highland Camp Curug Panjang merupakan satu dari banyak wahana untuk wisata pendidikan lingkungan hutan. Aktivitas keseharian masyarakat tani hutan dalam memelihara pohon kopi robusta dan pohon serbaguna lainnya yang tumbuh disela tegakan pinus merkussi merupakan daya dukung lingkungan hutan untuk wisata pendidikan, selain sebagai fungsi lindung dan produksi.

tempat camping tam dan api unggun outbound bogor

TAMAN ALAM MATAHARI

Highland Indonesia merupakan inisiator dan pengembang camp Taman Alam Matahari pada Oktober 2016, dilanjutkan pada Juli 2018 membangun Highland Camp Curug Panjang yang lokasinya berada tepat bersebelahan dengan TAM, sehingga camping ground pada kawasan Curug Panjang ini dapat menampung +1000 orang. Kegiatan berskala Nasional dan beberapa perusahaan multinasional telah menyelengarakan event bergendre camping dan wisata alam di Taman Alam Matahari,