Highland camp Puncak

Highland camp curug Panjang merupakan tempat camping terbesar dalam kawasan pariwisata Puncak yang dilingkar oleh hutan pegunungan bawah, berada di punggungan barat daya gunung Paseban, Megamendung Bogor, pada ketinggian 949 s.d 1086 meter dari permukaan laut,  memiliki suhu udara rata-rata antara 17-20 C. dengan curah hujan sebesar 316,25 mm/tahun.  Highland camp terbentuk dari keindahan lanskap buatan yang memperlihatkan pola keteraturan sebuah tempat berkemah yang hadir diantara pesona hutan pegunungan dan elemen air. Dan, perkemahan kami adalah pilihan cerdas guna melepas rutinitas kehidupan kota modern dengan kegiatan camping, outing, gathering dan wisata minat khusus berbalut petualangan dalam nuansa Taman Nasional Halimun.

Dengan memiliki luas kawasan sebesar + 5,9 hektar, Highland camp curug Panjang didesain sebagai Miniatur Halimun, pengembangan kawasannya didekati oleh pendekatan ekologis (ecological approach) dan  wisata ramah. Hal ini untuk memberikan kenyamanan kepada para pekemping dalam melakukan aktivitas wisata minat khusus berbasis petualangan, sekaligus turut serta dalam melestarikan lingkungan hutan pegunungan.

Selain tempat berkemah, dalam kawasan ini terdapat air terjun atau curug, jalur interpretasi untuk wisata edukasi, rute hiking/trekking, jalur telusur sungai, cafe rimba atau tempat ngopi dalam suasana rimba, serta Taman Kunang-Kunang (Lampyridae Garden).

Taman kunang-kunang merupakan rumah bagi ribuan serangga bercahaya yang mendiami kawasan bumi perkemahan Highland. Kunang-kunang merupakan satu dari banyak keragaman fauna yang dipertahankan populasinya untuk konservasi, kepentingan pariwisata (wisata minat khusus), penelitian dan pendidikan. Selain kunang-kunang, di highland camp terdapat binatang lainnya sebagai satwa penciri kawasan, yaitu monyet kra / monyet ekor panjang (macaca fascicularis), ikan cingir putri, tupai tanah (tupaia tana), elang ruyuk / elang hitam (Ictinaetus malayensis) dan beragam jenis burung yang di jaga, dilestarikan dan di pertahankan habitatnya.

Pesona lanskap alam bentukan formasi bumi, panorama perbukitan, elemen air, vegetasi hutan pegunungan bawah yang didominasi oleh pinus merkusii, puspa (schima wallichii), kapuk randu (ceiba pentandra), terap (artocarpus odoratissimus) sebagai tegakan dan kaliandra (calliandra) sebagai pohon semaknya merupakan daya dukung lingkungan untuk beragam aktivitas alam. Keragaman flora lainnya yang menyebar dalam kawasan adalah pisang hutan (musa balbisiana); sepatu filum (spathiphyllum); pacing (costus spicatus); pakis-pakisan (lycopodiopsida), liana; pakis haji (cycas); begonia (Begoniaceae); tepus, muncang, flamboyan (delonix regia), pohon buah-buahan seperti nangka, muncang, jambu air, limus, kopi, dls.

WHATSAPP

Terdapat 11 (sebelas) campsite, terbagi dalam 3 zonasi di Highland camp dengan karakter yang berbeda pada setiap campsite nya, yaitu campsite Batutapak, Nirmala, Halimun, Situhiang, dan campsite Kencana yang berada di zona Halimun. Zona Halimun memiliki daya tampung pekemping  + 500 orang dengan karakter campsite yang luas, zona ini diperuntukan untuk mengakomodir kegiatan yang bersifat kelompok, seperti gathering perusahaan atau komunitas dan pelatihan dan pengembangan SDM berbasis luar ruang oleh lembaga swasta ataupun pemerintah.

Dan, kedua adalah campsite yang berada di zona Ciputri yaitu campsite Kendeng, Kitjabud, blok leuweng dan campsite Ciputri, zona ciutri didesain dan diperuntukan bagi pekemping keluarga, camping mandiri dan sifatnya umum. (campsite merujuk pada lapangan-lapangan tempat berkemah atau tempat mendirikan tenda yang berada di Highland camp). Ketiga nya adalah zona Sukamantri, zona ini relatif kecil dengan kiri dan kanannya adalah aliran sungai.

Sebagian besar campsite di zona Ciputri, berada dibawah tajuk tegakan, Suasana nya terasa lebih sejuk, teduh bercampur dengan aroma pinus (Pinus merkusii) dan kopi robusta (coffea robusta) yang pohonnya banyak tumbuh dan tersebar di zona Ciputri. Sementara itu, campsite kendeng dan Kitjabud di zona Ciputri, campsite Kencana di zona Halimun diperuntukan untuk mengakomodir camping keluarga dengan penanganan dan fasilitas yang privasi.

Highland Camp Curug Panjang yang berlatar perbukitan dan dilingkar hutan hujan tropis yang berhiaskan air terjun ini berhawa sejuk di siang hari serta dingin pada malam dan menjelang dini hari. Tidak jauh dari camping ground anda akan di suguhkan wanawisata Curug Panjang, Curug Naga, Curug Barong, Curug Periuk dan Curug Orok yang aliran air nya berasal dari punggungan Gunung Paseban, zona penyangga kawasan sebelah barat daya Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Aksesibilitas Highland camp dari jalan raya puncak berjarak +4,8 km, melewati jalan desa Cilember yang dapat dilalui oleh kendaraan berjenis truk TNI dan mikro bus (19/21 seat). Fasilitas berkemah yang tersedia adalah unit-unit tenda dome pangrango yang diperlengkapi dengan kasur, selimut dan bantal sebagai sarana untuk menginap. Fasilitas pendukung lainnya berupa 3 unit tolilet yang tersebar disetiap zona, lapangan parkir di dua pintu masuk, jembatan rawayan sebagai penghubung antar zona, jalur interpretasi, hiking/trekking dan lainnya.

H O T L I N E

+62 811-1114-084

Selain untuk wisata alam dan wisata petualangan dalam gendre wisata minat khusus. Aktivitas yang dapat diselenggarakan di Highland camp adalah program pelatihan sumberdaya manusia di alam terbuka, berbasis experiential learning dan berpijak pada prinsif adventure learning base, dimana materi pelatihan di sampaikan dan dilakukan dalam bentuk permainan, simulasi, diskusi dan petualangan. Konsep pelatihan di alam terbuka ini bertujuan untuk membangkitkan kepercayaan diri (self confidence), membentuk kelompok (team building), membangun karakter (character building) dan membangkitkan jiwa kepemimpinan (leadership) dls. Kegiatan lainnya adalah gathering perusahan, outing dan camping bergendre  dengan sisipan fun outbound dan petualangan.

Selain camping, outing dan gathering dalam nuansa edukatif dan rekreatif dengan muatan fun outbound dan petualangan, beberapa produk wisata Highland Indonesia group yang di pusatkan kegiatannya di Highland Camp adalah paintball dan archery.

Paintball sebagai sebuah simulasi games di mana pemain terlibat dalam pertempuran dengan objek permainan yang didasarkan pada prinsif “survival of the forest”. Selain untuk memicu adrenalin atau sebatas wahana permainan yang menyenangkan, paintball mampu melatih kecerdasan, ketepatan dan strategi team. begitupun dengan archery, dimana permainannya tetap berpijak pada yang prinsif survival of the forest.

Program Pe-latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) untuk sekolah menengah dan mahasiswa, orientasi kampus dan berbagai kegiatan yang berbasis lingkungan alam dan atau outdoor activities telah menjadi warna kegiatan di Highland camp, termasuk program jungle survival. Program jungle survival dapat memberikan gambaran dan tindakan yang harus dilakukan oleh seseorang maupun kelompok ketika mempertahankan hidup dalam kondisi ekstrim dengan berbekal pengetahuan, semangat hidup dengan tetap berusaha dan bekerja keras. Program jungle survival merupakan bentuk pelatihan dalam menghadapi situasi dan kondisi sulit, bertujuan agar seorang individu dapat ber-inisiatif dan mampu keluar dari segala kesulitan, permasalahan dan tantangan yang dihadapi.

Highland Camp ; Miniatur Halimun Inside

HIGHLAND CAMP

Berbagai kegiatan dapat dilakukan di Highland camp curug Panjang seperti Outbound Management Training (OMT), Latihan dasar Kepemimpinan (LDK), Adventure Education, Gathgering dengan sisipan Fun Outbound, orientasi kampus, atau camping dengan beragam aktivitasnya adalah solusi kegiatan pro-edukasi sekaligus dapat membangun komunikasi efektif, karakter personal atau kelompok serta dapat membangkitkan kualitas kebersamaan dan soliditas organisasi, keluarga pun komunitas.

Go Explore

TAMAN KUNANG-KUNANG

Menikmati fenomena keindahan cahaya kunang-kunang yang paling baik ada diantara pukul 19.30 sd 22.00, ketika suhu udara berkisar antara 17–20 ⁰C, dalam keadaan cuaca tidak hujan, serangga ini (Lampyrydae) akan menunggu dalam pekatnya malam untuk mempertontonkan cahaya dramatisnya ketika mereka saling mencari pasangan. Cahaya merah pucat, kuning dan hijau yang berpendar dari bagian tubuhnya itu dihasilkan dari sinar dingin yang tidak mengandung ultraviolet maupun inframerah.

Go Explore

CURUG HIGHLAND

Berbeda dengan ke-enam air terjun yang berada dalam satu aliran sungai Cirangrang, baik eksotisnya, debit air maupun pesona keindahan terjunan air nya. Curug Highland adalah air terjun kecil yang berada kawasan Highland camp, airnya merupakan sumber dari ketiga aliran sungai yang melintas dalam kawasan camp. Untuk mencapai curug Highland, pengunjung akan mengikuti jalur hiking. Curug Highland merupakan batas dan cerita akhir dari sesi petualangan trekking hutan dan sungai di Highland camp.

Go Explore

BATUTAPAK

Batu bertapak ini tidak mengisahkan tentang kepurbakalaan ataupun prasasati kuno yang menceritakan kisah para Radja Diradja Jawa Dwipa. Ini hanyalah sebuah batu yang terdapat tapak pijakan kaki manusia ditengahnya, "itupun sepertinya tapak manusia". Sementara itu, satu batu lainnya terpahat ukiran simbol berjejer yang tidak dimengerti. Memang, mitos tentang Paseban dan Situhiang masih menyimpan selaksa cerita misteri yang tidak berujung. Namun, batu tapak disini hanyalah batu yang terlihat bertapak, itu tidak lebih !

Go Explore

JALUR INTERPRETASI

Adalah jalur khusus yang digunakan untuk memasuki antar obyek, atau suatu rute yang dibuat bagi pengunjung untuk menuju tempat-tempat yang ada dalam kawasan Highland camp. Jalur interpretasi ditujukan untuk kegiatan bina cinta alam dan pendidikan lingkungan, kegiatan hiking/trekking/jelajah hutan, hiburan dan memberikan pelayanan yang baik terhadap pengunjung serta untuk memaksimalkan perlindungan dan pelestarian obyek rekreasi / interpretasi dalam kawasan Highland camp curug Panjang.

Go Explore

JALUR SUSUR SUNGAI

Adalah sungai-sungai yang berada dalam kawasan Highland camp curug Panjang yang dimanfaatkan sebagai rute atau jalur untuk telusur sungai. Menyelusuri sungai merupakan sebuah atraksi dengan sungai sebagai obyek daya tarik wisatanya. Melakukan pengamatan terhadap biodiversitas air dan tumbuhan tepian sungai merupakan bentuk wisata edukasi dengan memampaatkan sungai sebagai obyek pengamatannya, lainnya adalah wisata petualangan air yang berpijak pada Adventure Learning Base.

Go Explore
wisata curug di bogor

SITUHIANG dan SENDANG CIPUTRI

Sendang Ciputri adalah kolam yang airnya keluar dari bebatuan guna mempertahankan biodiversitas air yang hidup dalam kawasan, terutama ikan cingir putri yang menjadi satwa penciri di zona Ciputri.  Sedangkan Situhiang adalah telaga kecil yang berada di campsite Situhiang, dibuat untuk mengekalkan cerita penduduk bahwa dahulu kala disekitar gunung Paseban terdapat telaga tempat para Dewa (situ/si·tu./sd n;danau kecil; Hyang /hi·yang/sd n; suatu keberadaan spiritual tidak kasat mata). 

jembatan rawayan di highland camp

RAWAYAN dan JEMBATAN SASAK

Setiap zona di Highland camp curug Panjang di batasi oleh sungai hulu sungai Ciliwung, ada tiga aliran sungai melintas dalam kawasan yang antar zonanya di hubungkan oleh Jembatan rawayan dan jembatan sasak. Rawayan adalah jembatan gantung yang bermaterialkan bambu dengan tali ijuk sebagai pengikat, dan jembatan sasak bermaterialkan bambu yang kekuatannya terletak pada sasak atau anyaman dari bilah-bilah bambu sebagai alas jembatan yang di rekatkan pada batangan bambu dibawahnya.

CAFE RIMBA (halimun)

(sebuah gagasan) Tidak sebatas sebuah ruang terbuka yang ada diantara belantara tajuk tegakan untuk menikmati hangatnya secangkir kopi Robusta yang bercitarasa hutan, Cafe Rimba (Halimun) didalamnya terkandung literasi kopi Indonesia yang dibincangkan atau dibaca sekaligus atraksi yang dapat disuguhkan kepada penikmat kopi menyangkut tumbuhan kopi, manajemen budidaya dan pasca panen sehingga dinikmati para penikmatnya dalam bentuk wisata edukasi.

Highland Indonesia Group | Paket Wisata

Outbound dan Gathering

Selain menfasilitasi Outbound Management Training di Highland camp, kami dapat merencanakan kegiatan fun outbound berbasis adventure sebagai sebuah muatan dalam event gathering perusahaan, outing maupun camping. Fun outbound disajikan lebih ringan dengan tetap menguatkan sisi rekreatif tanpa mengurangi nilai learning dalam setiap aktivitasnya. Pembelajaran dalam outbound menitik beratkan belajar dari pengalaman (experential learning).

Click for detail

Camping Keluarga

Bisa bersentuhan langsung dengan alam sekaligus menikmati suasana rekreatif di ketinggian 1096 Mdpl bersama keluarga atau teman sekerja dalam nuansa camping itu hal yang sangat mengasikan. Camping di kawasan Highland camp curug Panjang  merupakan alternatif liburan pro-edukasi dan pro lingkungan yang banyak dilakukan oleh mitra-mitra Highland dari perusahan nasional maupun internasional, lembaga pendidikan, komunitas maupun keluarga. anda mau mencobanya ?

Click for detail

Adventure

Beragam aktivitas petualangan seperti jungle survival, body rafting, cliff jumping, jelajah air terjun, treking hutan atau sekedar menikmati suasana rekreatif  dalam hangatnya api unggun kebersamaan dengan  barbeque atau ngeliwet disela-sela camping akan anda dapatkan pada paket-paket Highland Indonesia, paket yang dapat disesuaikan dengan minat terdalam anda ketika melakukan perjalanan wisata di kawasan Miniatur Halimun, Joint with us for your outbound experience !

Click for detail
Review Highland Camp Puncak Bogor

Highland camp Puncak Bogor untuk gathering perusahaan, outbound, training, outing dan camping keluarga

highland camp curug panjang tenda

Tempat berkemah di Puncak Bogor ini hadir diantara pesona formasi hutan tropis pegunungan bawah (sub-montana) yang berada dilerengan barat gunung Paseban, di ketinggian 949 – 1086 mdpl. Dan hadir dalam pesona hutan buatan dengan pinus merkusii sebagai tegakan dan kaliandra sebagai pohon semaknya. Kawasan bumi perkemahan Highland camp dilingkar oleh tajuk-tajuk tegakan yang tumbuh subur dengan tiga aliran anak sungai Cirangrang yang mengitarinya, dengan fasilitas buatan sebagai sarana guna mendukung kenyamanan dalam berkemah.

Terdapat dua zona di Highland camp, dimana setiap zonanya memiliki keunikan dan karakternya tersendiri, yaitu zona Halimun yang memiliki 5 campsite yang dapat menampung sekitar 384 orang jika disetiap tenda dome gede pangrango hanya diisi oleh 4 unit kasur untuk 4 orang. Dan, zona Ciputri yang memiliki 5 campsite yang dapat menampung sekitar 200 orang camping keluarga dan mandiri.

Terdapat 5 campsite di bumi perkemahan highland yang dihususkan guna memenuhi kebutuhan camping keluarga dengan tingkat privasi khusus yaitu campsite Kendeng, Kitjabud, Batutapak, campsite leuweng, sukamantri dan Kencana.

Fasilitas buatan di Highland camp Puncak Bogor

Sarana / fasilitas buatan sebagai pendukung kegiatan berkemah yang berada di Highland camp yaitu unit-unit toilet yang menyebar di area berkemah, dan fasilitas lapangan parkir yang lokasinya berada di kedua zona.

1. Kamar mandi

Terdapat 3 unit bangunan dengan 17 ruang kamar mandi yang sumber airnya berasal dari mata air pegunungan, tersebar di zona Halimun dan zona Ciputri, dimana sebagian besarnya mengunakan toilet jongkok dan 7 ruang adalah toilet duduk. Unit bangunan yang berada di zona halimun diperlengkapi dengan ruang uliner untuk pria dan ruang wastafel dengan ukuran 4 x 2,5 meter setiap ruangnya.

2. Mushala

Terdapat ruang Mushola di zona Halimun yang bersebelahan dengan bangunan toilet/WC

3. Lapangan parkir

Terdapat dua area lapangan parkir yang berada di zona halimun, yaitu disebelah barat yang langsung berbatasan dengan jalan curug panjang dan disebelah timurnya berbatasan dengan sungai, kedua tempat parkir tersebut berbalaskan batu belah dengan rumput yang tumbuh diantara sela-selanya, tempat parkir di zona halimun dapat memuat sekitar 30 unit kendaraan roda 4. Sementara di zona ciputri yang dikhususkan untuk tempat parkir pengunjung camping mandiri/reguler dan kemah keluarga, memiliki daya tampung sekitar 20 kendaraan roda 4.

4. Sarana air bersih dan listrik

terdapat tiga unit pancuran air bersih yang menyebar di setiap zonanya, setiap unit memiliki 4-6 pancuran. Di campsite keluarga terdapat 1 pancuran pada setiap areanya. Adapun sarana kelistrikan menyebar pada setiap lapangan, dan ketika camping, setiap kelompok camping akan difasilitasi dengan standing lamp dan colokan yang ditempatkan di sekitar tenda.

5. Tenda dan perlengkapan berkemah

Tenda dome pangrango dengan dua lapisan penutup (inner + flysheet) dan frame berbahan fiber sebagai pembangunnya merupakan tempat tinggal sementara selama berkemah yang disiapkan oleh Highland Camp. Tenda yang didesain untuk menghadapi hujan, cuaca buruk dan menghindari tetesan embun yang diakibatkan oleh adanya kondendasi ini berukuran 3.75 x 2 meter bagian dalam (inside) dengan tinggi titik tengah nya 1.9 meter, dapat di isi dengan 4 unit kasur untuk digunakan oleh 4 orang, jika menggunakan matras dan sleping bag maka daya tampung tenda ini dapat memuat maksimal s.d 8 orang. Setiap kelompok yang berkemah akan diperlengkapi dengan flysheet dan buffe set untuk menyajikan makanan, perapian api unggun, colokan listrik, penerangan, lampu portable, dls..

Fasilitas alam di Camping Ground Highland camp

Fasilitas yang disediakan oleh alam disekitar bumi perkemahan Highland camp yang dapat digunakan sebagai aktivitas petualangan dan wisata air pada saat berkemah berupa 3 aliran sungai mengitari setiap zonanya, Hutan dan kekayaan biodiversity beserta jalur interpretasi, air terjun curug saimah dan taman kunang-kunang.

1. Sungai

Terdapat tiga aliran anak sungai Cirangrang yang melintasi bumi perkemahan Highland camp yang sering dimanfaatkan sebagai jalur telusur sungai, setiap aliran sungai memiliki tingkatan tantangan penelusuran yang berbeda, hal ini disebabkan karena antar aliran sungai yang satu dengan sungai lainnya memiliki perbedaan karakter fisik.

2. Hutan dan kekayaan flora dan fauna (biodiversitas)

Beragam jenis tumbuhan dan binantang yang terdapat di kawasan bumi perkemahan Highland camp dan lerangan sebelah barat gunung Paseban yang mengitarinya merupakan tumbuhan dan binantang yang menjadi ciri hutan pegunungan bawah (sub-montana).

3. Air terjun / curug 

Curug Saimah dengan karakternya yang unik, merupakan jalur lintasan untuk aktifitas journey / wisata petualangan dari Highland camp menuju air terjun curug panjang sebelum melewati trek hutan dengan level tantangan yang lebih menantang dibanding trek sebelumnya.

4. Taman Kunang-Kunang dan hutan

Taman kunang-kunang merupakan rumah bagi ribuan serangga bercahaya yang bernama latin Lampyridae. Zona dengan tingkat vegetasi yang rapat dengan dominasi pohon kaliandra ini sangat kaya dengan bahan-bahan organik, dipertahankan keasliannya guna melestarikan populasi serangga malam yang dapat menghasilkan cahaya dari sinar dingin berwarna merah pucat, kuning dan hijau.

5. Jalur trekking / hiking hutan

Merupakan jalur khusus yang dipergunakan untuk hiking menuju air terjun curug Panjang, atau jalanan setapak yang berada didalam hutan, dibuat bagi pengunjung untuk melakukan kegiatan menjelajah hutan pegunungan disekitar kawasan curug Panjang yang kegiatannya dikemas dalam aktivitas wisata petualangan.

6. Jalur susur sungai

Adalah tiga anak sungai dan hutan yang dimanfaatkan sebagai jalur treking sungai / susur sungai, bentuk kegiatan wisata bergenre petualangan ini adalah menyusuri dengan melawan arus aliran sungai dan menjelajah hutan menuju air terjun dengan tingkat tantangan yang berbeda pada setiap jalurnya. Hampir sebagian besar wisatawan yang berkunjung di Highland camp, menjadikan aktivitas journey sebagai bagian dari kegiatan petualangan disela-sela aktivitas berkemah, dengan sungai adalah rute yang harus dilewati selain jalur jalanan setapak yang berada didalam hutan.

This entry was tagged in camp and camping ground, camping ground bogor, camp bogor, camp di bogor, camping ground di bogor, tempat camping di bogor, bogor camping ground, tempat berkemah di puncak, camping ground puncak, berkemah di puncak, tempat camping di puncak, puncak camping ground, camping keluarga, tempat camping keluarga di puncak, camping keluarga di bogor, camp keluarga di bogor, kemah keluarga di puncak, kemah keluarga di bogor, camping ground bogor, paket camping keluarga di bogor, paket camping keluarga di puncak, camping ground keluarga di bogor, rekomendasi tempat camping keluarga, glamping bogor, harga paket camping keluarga di bogor, tempat camping di curug bogor.