Curug NagaWISATA CURUG PANJANG
tempat camping di puncak
tempat camping di puncak
Curug Panjang

Wanawisata Curug Panjang dan Curug Naga

Banyak hal yang dapat anda lakukan ketika menapaki kawasan Curug Panjang dari pintu masuk-2 (arah Cilember), Kawasan hijau yang berada di barat daya punggungan gunung Paseban ini lintasi oleh segarnya aliran sungai Cirangrang.  Tidak sebatas berkemah di Highland camp Curug Panjang atau di Taman Alam Matahari, ragam kegiatan wisata petualangan pun dapat dilakukan pada kawasan yang dikembangkan oleh Perum Perhutani dan Highland Indonesia, seperti Cliff Jumping, Body Rafting dan berenang di hijau tosca nya air terjun Curug Panjang dan wanawisata Curug Naga, lainnya adalah trekking hutan di jalur interpretasi, telusur sungai, Adventure Education, wisata hutan atau bisa saja hanya sebatas menikmati secangkir kopi ditengah belantara dengan sajian kopi Paseban (kopi robusta lokal) yang bercita rasakan hutan (Taste from Nature), dls. Pengembangan kawasan curug panjang dari pintu masuk-2 merupakan upaya kami guna memuaskan ekspresi wisata alam yang dibalut dalam wisata petualangan dengan berpijak prinsif-prinsif Wisata Ramah.

Salah satu yang unik dalam kawasan ini adalah pengembangan Taman Kunang-kunang  di Highland camp Curug Panjang. Taman kunang-kunang merupakan rumah bagi ribuan serangga bercahaya, dan merupakan satu dari banyak keanekaragaman biodiversitas fauna yang dipertahankan populasinya guna kepentingan Pariwisata (Wisata Minat khusus), penelitian dan pendidikan di Kawasan Curug Panjang.

H O T L I N E

Wisata Ramah adalah bentuk pariwisata yang menitik beratkan kelestarian alam, keberlanjutan lingkungan dan memberkahi masyarakat di sekitar obyek dengan daya tarik wisata, menyangkut wisata alternatif. Dimiliki dan dilakukan oleh masyarakat sebagai pemilik lingkungan dan pesona keindahan alam, pemilik sosial budaya dan kearifan lokal, serta pemilik keramah tamahan guna memenuhi sensasi dan minat terdalam wisatawan dalam aktivitas pariwisata. ( Mutaqin, Ade Zaenal; 2017, Hand Out Konferensi Nasional “Bersama Bersatu Memajukan Pariwisata Danau Toba” Universitas Sumatra Utara)

Wanawisata Curug Panjang dan Wanawisata Curug Naga berada di Desa Megamendung,  berjarak ± 68 km sebelah selatan Jakarta. Untuk menuju kedua Wanawisata dapat dicapai dari Cilember. Dari rest area Cilember yang berada sebelah atas kiri Cimory Riverside (jika dari arah gadog), perjalanan dapat ditempuh selama 20 -30 menit, berjarak 3 km melewati jalanan desa dan hutan pinus lalu melintas sungai berair dangkal. Silahkan menghubungi Whatsapp untuk detail informasi Wisata Curug Panjang.

WHATSAPP

Wanawisata Curug Panjang dan Wanawisata Curug Naga terletak di punggungan barat daya Gunung Paséban dengan ketinggian 1.389 Mdpl. Gunung Paseban dapat ditafsirkan sebagai sebuah gunung yang dikunjungi atau didatangi. Paseban berakar dari asal kata saba/sa·ba/ Jw v; bepergian ke luar rumah; bersaba/ber·sa·ba/ kl v; bergaul; berkunjung; menyaba/me·nya·ba/ kl v; kerap kali mengunjungi / mendatangi. pasabaan/pa·sa·ba·an/ sd n Sunda yang artinya sebagai tempat yang kerap dikunjungi / didatangi. Pada versi lain Paseban berakar dari asal kata seba/se-ba/ sn; bakti, menghadap (raja) pa-se-ban /paséban/ Jw n balai yang digunakan untuk menghadap (raja); balai penghadapan

Pun Paseban dapat maknakan sebagai sebuah perkampungan masyarakat yang bermukim di punggungan di Gunung Paseban bernama kampung Paséban. Untuk mencapai kampung Paseban terlebih dahulu harus melewati sebuah jalananan bernama Jalan Situhiang atau dengan akar kata Situ hyang (situ/si·tu./sd n; danau kecil; Hyang dalam bahasa Melayu, Kawi, Jawa, Sunda, dan Bali adalah suatu keberadaan spiritual tidak kasat mata yang memiliki kekuatan supranatural). Konon menurut ceritanya bahwa pada dahulu kala di sekitar gunung Paseban terdapat telaga atau danau kecil tempat para Dewa.

Saat ini, punggungan sebelah barat daya gunung Paseban menjadi pusat aktivitas pariwisata yang bertajuk alam dan petualangan, hal ini dikarenakan pada punggungan barat daya dilintasi oleh sungai Cirangrang dengan kekayaan air terjun nya yang eksotis. Ada enam (6) titik air terjun yang sudah dikelola untuk pariwisata, dimana disetiap titiknya memiliki banyak terjunan air yang merupakan surganya air terjun pada kawasan pariwisata puncak Bogor. Daya tarik lainnya adalah keindahan lansekap alam yang bergunung-gunung dengan pesona keindahan hutan hujan tropis dengan segala biodiversitas yang terkandung didalamnya.   

Selain Wisata Tirta yang telah menjadi brand berwisata pada kawasan Paseban, obyek dengan daya tarik wisata (ODTW) lainnya dikawasan dengan dominasi tutupan hutan hujan tropis yang dikembangkan dengan oleh tiga elemen pembangunnya yaitu Masyarakat dengan mengusung prinsif Community base Tourism, Perum Perhutani, dan Perusahaan Pariwisata Swasta adalah Camping Ground, Agroforestry, Kriya etnik, Kopi Paseban, Wisata Edukasi dan Wisata Hutan. Masyarakat, Perum Perhutani dan pihak swasta merupakan elemen pembangkit pariwisata di Paseban

Banyak nama-nama penyebutan jalan, lokasi dan destinasi yang tidak familier dengan bahasa kekinian, seperti jalan Situhiang, Curug Naga, Curug Barong, Paseban, dls. Hal ini mengisyaratkan bahwa pada zaman dahulunya pada kawasan ini telah bermukim komunitas masyarakat yang sarat budaya dan menjungjung nilai-nilai keramahan. 

Keindahan alam di punggungan gunung Paseban pada masa lampau telah melahirkan budaya nan agung yang sarat dengan pesona keramah-tamahan, itu diwariskan pada kita saat ini untuk dijaga dan dilestarikan.

– Kiade –

Destinasi dan Atraksi

Camping Jakarta Nanyang School

WANAWISATA CURUG PANJANG

Berbeda dengan ke empat (4) saudaranya yang terlahir dari beningnya aliran air sungai Cirangrang yang dikelola untuk wisata Minat Khusus, Curug Panjang dan Curug Bulao bergendre wisata massal, dimana semua wisatawan dapat menikmati kesegaran air di punggungan gunung Paseban. Berenang dalam kolam yang bening, berendam atau sebatas hangatnya kopi lokal diantara bebatuan besar merupakan aktivitas pengunjung di wanawisata Curug Panjang.

Menanam

AGROFORESTRY

Pohon hutan bercampur dengan pepohon serbaguna yang tumbuh dalam kawasan Highland Camp Curug Panjang merupakan satu dari banyak wahana untuk wisata pendidikan lingkungan hutan. Aktivitas keseharian masyarakat tani hutan dalam memelihara pohon kopi robusta dan pohon serbaguna lainnya yang tumbuh disela tegakan pinus merkussi merupakan daya dukung lingkungan hutan untuk wisata pendidikan, selain sebagai fungsi lindung dan produksi.

tempat camping tam dan api unggun outbound bogor

TAMAN ALAM MATAHARI

Highland Indonesia merupakan inisiator dan pengembang camp Taman Alam Matahari pada Oktober 2016, dilanjutkan pada Juli 2018 membangun Highland Camp Curug Panjang yang lokasinya berada tepat bersebelahan dengan TAM, sehingga camping ground pada kawasan Curug Panjang ini dapat menampung +1000 orang. Kegiatan berskala Nasional dan beberapa perusahaan multinasional telah menyelengarakan event bergendre camping dan wisata alam di Taman Alam Matahari,

Kopi Paseban

KOPI PASEBAN

Kopi Paseban merujuk pada Kopi Robusta dengan bahan baku nya berasal dari tanaman kopi yang tumbuh dalam hutan-hutan gunung Paseban. Rasa hutan atau alam "Taste from Nature" merupakan citarasa yang terkandung disetiap tegukan kopi Paseban. Tidak sebatas menyuguhkan hangatnya secangkir kopi, Kopi Paseban terkandung atraksi yang disuguhkan kepada wisatawan menyangkut tumbuhan kopi, manajemen budidaya dan pasca panen hingga dinikmati para penikmatnya  dalam bentuk wisata edukasi dan agroforestry.

Batutapak

BATU TAPAK

Batu bertapak ini tidak mengisahkan tentang kepurbakalaan ataupun prasasati kuno yang menceritakan kisah para Radja Diradja Jawa Dwipa. Ini hanyalah sebuah batu yang terdapat tapak pijakan kaki manusia ditengahnya, "itupun sepertinya tapak manusia". Sementara,  satu batu lainnya terpahat ukiran simbol berjejer yang tidak dimengerti. Memang, mitos tentang Paseban dan Situhiang masih menyimpan selaksa cerita misteri yang tidak berujung. Namun, batu tapak disini hanyalah batu yang terlihat bertapak, itu tidak lebih !

Curug Naga

WANAWISATA CURUG NAGA

Wanawisata Curug Naga merupakan satu kesatuan utuh antara Curug Naga dengan tiga (3) curug lainnya, yaitu Curug BarongCurug Orok dan Curug Priuk, Keempat (4) air terjun yang yang eksotis ini hanya untuk Wisata Minat khusus dan diperuntukan bagi wisatawan yang memiliki kecenderungan minat serta tujuan maupun motivasi khusus dalam berwisata. Paket-paket wisata minat khusus yang menjadi unggulan  Highland Indonesia di tiga (4) air terjun ini adalah body rafting dan cliff jumping. Klik disini untuk paket wanawisata Curug Naga