Tempat Wisata di Bogor Raya dan tempat camping keluarga terbaik

tempat wisata di bogor

Tempat Wisata di Bogor dan tempat camping keluarga

Bogor memiliki kedekatan secara geografis dan psikologis dengan Ibukota Indonesia serta penduduknya. Dengan jarak sekitar 60 km dari pusat kota, Bogor merupakan kawasan strategis guna mendukung kebutuhan penduduk Jakarta dan daerah-daerah penyangga, salah satunya adalah kebutuhan tempat wisata. Tempat wisata di Bogor terbentuk dari keindahan lansekap alam yang di batasi oleh dua Taman Nasional, tiga gunung dan satu bentangan pegunungan. Dan terbentuk oleh keagungan budaya yang diwariskan oleh kerajaan Padjadjaran.

Disepanjang bentangan batas wilayah Bogor raya ( merujuk pada kota Bogor dan Kabupaten Bogor), penduduknya menghadirkan geliat wisata yang terbentuk dari pesona keindahan alam. Lahirnya destinasi wisata air air terjun baru pada kawasan punggungan gunung salak atau pada kawasan gunung Paseban di Puncak Bogor, itu mencerminkan menggeliatnya kebutuhan pariwisata berbasis alam, kendatipun wisata buatan yang dikelola kelompok kapitalis tetap mewarnai perkembangan tempat wisata di Bogor.

Salah satu yang tempat wisata di Bogor yang teranyar adalah Highland Camp Curug Panjang. Sebuah kawasan wisata yang berada di punggungan Gunung Paseban Puncak Bogor, kawasan wisata ini di desain guna menfasilitasi kebutuhan untuk wisata minat khusus wisata alam bergendre petualangan, untuk gathering, camping, outing dan training dalam balutan pesona lansekap alam dan kekayaan elemen air.

Wisata Minat Khusus

Menurut Kodhyat (1997:75) dalam buku Tourism Technology and Competitive Strategies menyebutkan bahwa “pariwisata massal sebagai pariwisata modern atau konvensional, di mana jenis pariwisata ini memiliki ciri-ciri yakni kegiatan wisata berjumlah besar (Mass Tourism), sebagian dikemas dalam satuan paket wisata, pembangunan sarana dan fasilitas kepariwisataan berskala besar dan mewah memerlukan tempat-tempat yang dianggap strategis serta memerlukan tanah yang cukup luas“.

Sementara itu, wisata minat khusus yang dilansir dalam situs Wisata Halimun berjudul “Pariwisata di tahun 2017, wisata minat khusus VS wisata massal”tertulis bahwa “wisata alternatif atau wisata minat khusus adalah pola wisata yang menekankan kepada aspek penghayatan dan penghargaan lebih terhadap aspek kelestarian alam, lingkungan dan budaya (enviromentally and cultural sensitives)”

Wisata minat khusus dalam konsep Wisata Ramah ini lebih ditujukan kepada minat, tujuan dan motivasi khusus seorang wisatawan dalam perjalanan wisata. Pada wisata minat khusus, seorang wisatawan cenderung memiliki kemampuan, keahlian dan minat terdalam dengan obyek wisata minat khusus yang akan dikunjungi, seperti mendaki gunung, berburu, body rafting, hiking, arung jeram, camping, dan lain-lain. Dibawah ini adalah tempat wisata di Bogor (obyek dengan daya tarik wisata) yang memiliki kecenderungan untuk berbagai kegiatan wisata minat khusus.

Highland Camp Curug Panjang

Di kawasan Pariwisata Puncak Bogor, di Gunung Paséban (1.389 Mdpl) Megamendung punggungan barat daya merupakan kawasan Wisata Alam Curug Panjang. Dalam kawasan yang dilingkar oleh hutan dan sungai pada ketinggian 949–1086 meter dari permukaan laut terdapat Highland Camp Curug Panjang. Kawasan seluas 5,9 hektar ini didesain sebagai destinasi untuk Wisata Minat Khusus. didalamnya terdapat camping ground, Taman kunang-kunang, kampung Halimun dan tempat ngopi di dalam hutan.

Dengan mengambil  ceruk wisata petualangan dan camping, Highland Camp curug Panjang banyak menyuguhkan event gathering bernuansa camping yang dibalut oleh aktivitas Adventure,  eduwisata dan segala bentuk wisata turunan dari gendre Camping, eduwisata dan Adventure seperti : body rafting, hiking, river tracking, jungle run, clif jumping, jungle tracking, camping keluarga / family camp, dls.

Untuk dapat menikmati keindahan lansekap alam yang berpadu-padan dengan lansekap buatan guna kepentingan Camping, Gathering dan Adventure, silahkan untuk menghubungi Hotline atau Whatsapp yang disertakan dibawah ini.

H O T L I N E

+62 819-1005-4000

WHATSAPP

Desa Wisata Malasari

Highland Indonesia yang terlibat dalam pembangunan Desa Wisata Malasari pada tahun 2015 selain Japan Environmental Education Forum (JEEF), Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) Pemerintah Kabupaten Bogor dan PemDes Malasari telah berhasil membawa pesona keindahan Malasari mendapatkan penghargaan “Indonesian Sustanaible Tourism Award tahun 2017“. Namun sesungguhnya Pesona Malasari (mungkin) dahulunya jauh lebih indah dibandingkan sekarang setelah terkontaminasi oleh berbagai kepentingan yang bukan kepentingan penduduk asli, salah satunya adalah kepentingan pariwisata.

Keindahan terasering 1001 undak, Pesona hutan tropis Halimun dan biodiversity yang terkandung didalamnya, Pesona Perkebunan teh Nirmala Agung serta kearifan penduduk yang mendiami kantung-kantung dalam kawasan hutan telah dibangkitkan guna kepentingan dunia pariwisata Indonesia. Desa Wisata Malasari lahir belakangan ini untuk menjawab kebutuhan masyararakat perkotaan yang merindukan suasana alam yang asli, namun keindahannya telah ada berabad silam.

Wisata Halimun

Kantong-kantong wisata di Halimun menghadirkan kekayaan pesona alam serta keragaman hayatinya (biodiversitas) serta keluhuran budaya yang terlahir dari keindahan alam. Wisata Halimun merujuk kepada tempat wisata dan segala aktivitas pariwisata dalam Taman Nasional Gunung Halimun Salak dan desa-desa penyangganya.

Tempat Wisata di Halimun (dalam wilayah administratif kabupaten Bogor) meliputi air terjun atau curug, tempat camping, jalur interprestasi dan jungle run rute, hutan Halimun, terasering 1001 undak di Malasari, enclave Nirmala, jembatan tajuk di Cikaniki, viewing spot yang menyebar dalam kawasan serta desa Halimun yang meliputi desa-desa penyangga Halimun yang didesain sebagai desa wisata dan banyak lainnya.

Wisata Puncak Gunung Salak

Salah satu aktivitas wisata minat khusus adalah mendaki gunung. Di Bogor, aktivitas mendaki Puncak Salak I (2.211 mdpl), Puncak Salak II yang memiliki ketinggian 2.180 mdpl, dan Puncak Sumbul yang berada pada ketinggian 1.926 mdpl, merupakan hal yang banyak digemari oleh adventurer Bogor Raya dan sekitarnya. Banyak pesona keindahan yang dapat dinikmati ketika mendaki Puncak salak, disepanjang perjalanan hutan pegunungan bawah (submontane forest) maupun hutan pegunungan atas (montane forest) akan ditemukan aneka margasatwa yang menjadi hewan penciri TNGHS, selain keragaman tumbuh-tumbuhan yang tumbuh disepanjang jakur trekking. 

Wisata Puncak Gunung Manara

Adalah Situs Gunung Munara yang berada di Kecamatan Rumpin, Bogor yang konon masih dikeramatkan oleh penduduk sekitar, saat ini telah menjadi destinasi wisata baru di kabupaten Bogor. Gunung Munara memiliki puncak dengan ketinggian + 300 mdpl. Keindahan pemandangan ketika berada diatas puncak Munara merupakan daya tarik utama, selain keindahan alam, batu-batuan, goa, pohon-pohon yang berusia ratusan tahun dengan lingkar batang yang besar dan akar yang memperlihatkan keangkuhannya. Selain menikmati puncak, Kawasan gunung Munara kerap digunakan untuk camping, olahraga rock climbing hingga penelitian. Walaupun lebih pantas kalau disebut bukit, menikmati perjalanan menuju puncak gunung Munara untuk menggapai pesona pemandangan yang cukup indah, itu akan menjadi petualangannya sendiri 

Wisata Gunung Kencana

Gunung Kencana merupakan sebuah bukit yang menjulang tinggi di ujung timur kabupaten Bogor, memiliki ketinggian 1803 mdpl. Dari gunung kencana terlihat pemandangan Gede Pangrango dan kawasan pariwisata puncak yang terlihat seolah-olah adalah lembah. Gunung Kencana berada di Kampung Rawa Gede, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Di Puncak kencana, pemandangan tersaji sangat mempesona. Para pendaki dapat mendirikan tenda untuk berkemah guna menikmati malam dengan keindahan pemandangan lampu kota (citylight) dan hamparan luas kebun teh di kawasan pariwisata Puncak Bogor.  

Wisata Alam di Bogor

Wisata alam yang di identikan dengan wisata ekologis secara umum dapat didefinisikan sebagai bentuk perjalanan seseorang atau sekelompok orang untuk mengunjungi tempat tertentu dengan tujuan rekreasi, pengembangan pribadi, atau mempelajari daya tarik alam dengan memanfaatkan potensi sumberdaya alam yang masih alami maupun hasil budidaya. Atau, merupakan kegiatan rekreasi dengan memanfaatkan potensi keindahan alam yang alami ataupun hasil budidaya.

Kebun Raya Bogor

Dengan luasan mencapai 87 hektar, Kebun Raya Bogor atau Kebun Botani Bogor adalah sebuah kebun botani yang memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Dahulunya, Kebun Raya Bogor adalah hutan buatan atau taman buatan (samida) yang telah ada sejak pemerintahan Sri Baduga Maharaja (Prabu Siliwangi, 1474-1513) untuk keperluan menjaga dan memelihara benih benih kayu yang langka. Pada abad pertengahan, gubernur Jenderal van der Capellen membangun rumah peristirahatan yang sekarang dikenal dengan nama Istana Bogor di salah satu sudut samida

Sekitar awal 1800-an Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles dengan bantuan para ahli botani, menyulap halaman rumah peristirahatan tersebut menjadi taman bergaya Inggris klasik. Inilah awal mula Kebun Raya Bogor dalam bentuknya sekarang.

47 hektar tanah di sekitar Istana Bogor dan bekas Samida dijadikan lahan pertama untuk kebun botani. Reinwardt yang pada saat itu menjadi pengarah pembuatan kebun botani ini mengumpulkan tanaman dan benih dari pelosok Nusantara. Pada masa itu diperkirakan sekitar 900 tanaman hidup ditanam di kebun tersebut.

Guna pengembangan koleksi tanaman yang sesuai dengan iklim di Indonesia, pada perkembangan selanjutnya Kebun Raya Bogor membangun beberapa cabang kebun raya di Indonesia, yaitu : Kebun Raya Cibodas di Cianjur, Kebun Raya Purwodadi (Hortus Purwodadi) di Jawa Timur dan Kebun Raya “Eka Karya” Bedugul-Bali yang didirikan pada tahun 1959.

Selain secara histori Kebun Raya Bogor tumbuh dan berkembang menjadi benteng konservasi plasma nutfah keanekaragaman hayati tumbuhan Indonesia,  Saat ini kebun Raya bogor menjadi tempat wisata di Bogor yaang banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik dan mancanegara. 

Wisata Agro Gunung Mas

Agrowisata Gunung Mas yang dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara VIII merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Bogor, dalam di kawasan Pariwisata Puncak, sekaligus merupakan perkebunan teh terluas di Jawa Barat. Gunung Mas dibuka maskapai Perancis dengan nama Gonoeng Mas Prancoise Nederlandise de Culture etde Commerce di tahun 1910.

Beragam aktivitas wisata yang dapat dilakukan di Agro Gunung Mas selain menikmati kesejukan kawasan yang berada dikaki gunung Gede Pangrango ini, seperti berkemah, teawalk, ngetea di  tea Corner, bermain paralayang, berkuda, outbound, offroad, adventure dan banyak lagi.

Gunung Pancar

Gunung yang terletak di Kecamatan Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor ini memiliki ketinggian 300–800 mdpl dengan puncak tertingginya adalah puncak Gunung Pancar 800 mdpl dan Pasir Astana 700 m dpl. Taman Wisata Gunung Pancar memiliki luas areal 447.5 ha yang ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan Nomor: 156/kpts-II/1988, tanggal 21 Maret 1988.

Tempat wisata di Bogor dengan kekhasan pepohonan pinus merkusi ini banyak menyajikan destinasi dan atraksi wisata gunung pancar seperti Giri Tirta Hot Spring Resort and Spa yang merupakan pemandian air panas untuk untuk merilekskan tubuh dan melepas penat, bersepeda, jogging, camping atau hanya sebatas santai di bawah tegakan pinus merkusi.

Penangkaran Rusa Cariu

Wahana Wisata Penangkaran Rusa (WWPR) atau lebih popoler dengan sebutan Penangkaran Rusa Cariu ini dikelola oleh PT. Perhutani Persero unit III Jawa Barat dan Banten, berada dalam areal seluas 5 Ha dan berdiri pada tahun 1993. Di sana, terdapat Rusa Totol yang didatangkan dari Kebun Raya Bogor dan Rusa Jawa atau Timorensis berasal dari Blitar, Surabaya. Penangkaran Rusa Cariu merupakan sebuah bukit kecil dengan hutan pinus dan semak belukar, berada di Buanajaya, Tanjungsari, Buanajaya, Tanjungsari, Bogor, Jawa Barat. Di lokasi yang berdampingan dengan pengakaran dikhususkan untuk berkemah dan  aktivitas wisata alam lain bagi para pengunjung Wahana Wisata Penangkaran Rusa.

Taman Safari Indonesia – Bogor

Taman Safari Indonesia – Cisarua berada di Desa Cibeureum, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor Jawa Barat, pada ketinggian 1076– 1446 mdpl, memiliki luas areal sebesar 138,5 hektar ini berada di daerah kawasan penyangga Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dengan. Taman Safari Indonesia – Cisarua memiliki fungsi sebagai tempat Konservasi, Penelitian, Pendidikan dan Rekreasi.

Hutan Penelitian Dramaga atau Hutan Cifor 

Hutan Penelitian Dramaga yang juga dikenal sebagai Hutan Cifor adalah hutan dengan berbagai macam jenis pepohonan tropis. Kawasan seluas 60 hektar ini dibuat pada tahun 1956 dengan tujuan untuk melakukan penelitian terhadap berbagai jenis tumbuhan yang ada di Indonesia. Pada tahun 1995, Hutan Penelitian Dramaga bekerjasama CIFOR (Center for International Forestry Research). Keberadaan CIFOR dalam kawasan hutan ditandai dengan adanya kantor yang terletak di tengah Hutan Penelitian Dramaga. Sebagai lahan untuk penelitian, 10 hektar Hutan Penelitian Dramaga dikelola oleh CIFOR.

Selain hutan,bagian yang menarik untuk kegiatan wisata dalam kawasan ini, adalah adanya tempat Penangkaran Rusa untuk tujuan penelitian kehewanan khusus rusa atau kijang. Nama tempat ini adalah Pusat Pengembangan Tehnologi Penangkaran Rusa. Di dalam penangkaran rusa di tengah Hutan Penelitian Dramaga ini terdapat 40 sekitar ekor rusa dengan species rusa Nusantara. Bahkan, Rusa Totol yang menjadi simbol kota Bogor hidup dalam hutan dramaga ini.

Keberadaan Penangkaran Rusa dan kedekatan Hutan Penelitian Dramaga dengan beberapa lokasi wisata, seperti Situ Burung dan Situ Gede membuatnya mendapat fungsi tambahan. Area hutan ini sering dimanfaatkan orang untuk berwisata tanpa berizin.

Suaka Elang Loji

Suaka elang Loji merupakan destinasi wisata di ujung selatan kabupaten Bogor bergendre eduwisata dengan menyuguhkan keunikan hewan langka serta di lindungi. Suaka Elang Loji ini merupakan tempat persinggahan burung Elang sebelum dilepas ke alam bebas, bertujuan agar burung elang tersebut dapat beradaptasi dengan alam atau habitatnya. Selain dapat mendapatkan pengetahuan tentang seluk beluk elang, dalam kawasan Suaka Elang Loji yang merupakan hutan alam terdapat tempat wisata yang menarik seperti Curug Cibadak, jembatan gantung dan area berkemah dengan huansa hutan

Wisata Curug di Bogor

Wana Wisata Curug Panjang Dan Curug Naga

Wanawisata Curug Panjang dan Curug Naga berada dalam kawasan Perum Perhutani, Desa Megamendung, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Curug Panjang di khususkan untuk wisata umum yang sifatnya massal, 

Berbeda dengan Curug Panjang,  Curug Naga yang diperuntukan sebagai wisata minat khusus. Wanawisata ini merupakan satu kesatuan utuh antara Curug Naga dengan tiga (3) curug lainnya, yaitu Curug Barong, Curug Orok dan Curug Priuk, Keempat (4) air terjun yang yang eksotis ini hanya untuk Wisata Minat khusus dan diperuntukan bagi wisatawan yang memiliki kecenderungan minat serta tujuan maupun motivasi khusus dalam berwisata seperti body rafting, cliff jumping, dls.

Curug di Ciputri Desa Wisata Tapos-1

Curug Ciputri hanyalah satu dari 27 pesona wisata tirta yang berada di sekitar camping Ground Ciputri, banyak terjunan air yang bersumber dari anak-anak sungai yang mengalir dari tebingan barat laut puncak salak – 2 (2180 Mdpl) Ciputri Desa Wisata Tapos-1. Ke 27 air terjun yang sudah ditemukan dan diketahui berasal dari sungai sungai Ciampea, Cinangneng, Padalarang dan Cisalada, Keempat sungai tersebut akhirnya menyatu dalam dua sungai besar yaitu sungai Ciampea dan sungai Cinangneng. Kedua puluh tujuh (27) curug itu adalah : Curug Ciampea yang memiliki 4 lompatan air, Curug Ciputri -1, Curug Ciputri-2, Curug Kiara, Curug Cigogok, Curug Padalarang, Curug topi 1, Curug Tenjolaya-1, Curug topi 2, Curug Limus, Curug Goong, Curug Awi, Curug Batu Panjang, Curug Pasir Buntung, Curug Cipetey 1, Curug Cipetey-2, Curug pasir manggis 1 dan 2, Curug Sembilan, Curug Puspa, Curug Pasir Buntung.

Curug Tujuh Cilember

Wanawisata Curug tujuh cilember merupakan wisata alam yang memiliki tujuh tingkat air terjun (curug) dalam aliran air sungai, berada didesa Jogjogan Kecamatan Megamendung Kabupaten Bogor. Wanawisata Curug tujuh cilember memiliki kawasan efektif wisata seluas 5,8 Ha. Berada di jajaran pegunungan, terletak di kaki bukit Hambalang sebelah barat yang berbatasan dengan kawasan Pariwisata Puncak. Wanawisata Curug tujuh cilember dikelola oleh Perum Perhutani,RPH Cipayung BKPH Bogor KPH Bogor pada tahun 1990. Salah satu tempat wisata di Bogor ini menawarkan wisata curug susun yang terdiri 7 susun curug air dingin dengan suasana hutan hujan tropis yang sejuk serta panorama pegunungan alami dengan keanekaragaman hayati khas hutan tropis.

Curug Luhur

Curug Luhur berada pada ketinggian sekitar 624 mdpl, berlokasi di Jalan Hagermanah, Pamijahan, Tapos I, Tenjolaya, Bogor, Jawa Barat, Curug luhur memiliki dua terjunan air dengan ketinggian mencapai 62 meter dan air terjun mini dengan ketinggian 2 meter. Di bawah air terjun mini terdapat kolam yang biasa digunakan untuk berenang, berendam, dan menikmati kesegaraan Curug Luhur di punggungan gunung salak.

Curug Bidadari

Masyarakat setempat menyebutnya Curug Bidadari, karena terdapat mitos dikalangan penduduk setempat bahwa terjunan air yang dahulunya bernama curug Bojong Koneng ini adalah lokasi mandi para bidadari. Kerap pada sore hari warga mendengar suara-suara perempuan mandi, namun ketika didekati tak nampak satupun.

Curug yang dikelola kelompok kapitalis ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter, berada di Jl. Sentul Paradise Park, Bojong Koneng Babakan Madang Bogor, memiliki keindahan alam yang menawan dengan banyak pasilitas penunjang wisata yang di kembangkan oleh Sentul Paradise seperti restoran, kolam renang, wave pool (kolam arus) Lazy pool, flyng fox dan wahana-wahana lainnya untuk memanjakan wisatawan.

Curug Cibulao

Curug Bulao, Curug Panjang, Curug Priuk, Curug Naga, Curug Orok dan Curug Barong Berada pada jalur sungai Cirangrang punggungan gunung Paseban Megamendung. Curug Cibulao memiliki nama asli adalah Curug Hulu karena air terjun ini merupakan awal atau curug teratas diantara air terjun lainnya. Nama Curug yang merujuk pada warna air kebiru-biruan mirip warna bulao ini mempunyai tiga buah terjunan air dengan karakteristiknya yang unik disetiap terjunannya. Terjunan air ketiga sangat pendek, curug kedua dan pertama memiliki terjunan air yang cukup tinggi. untuk menuju curug kedua dan pertama, terlebih dahulu harus berenang melewati leuwi atau cekungan curug ketiga, air di curug bulao ini sangat jernih berwarna hijau kebiru-biruan dengan lansekap alam yang indah dengan dominasi hutan.

Tempat wisata di Bogor untuk kita

Tempat wisata di Bogor terlahir dari kekayaan alam yang di ciptakan oleh Allah Tuhan Semesta Alam, hadir dari kekuatan keramah tamahan dan terbangun dari budaya-budaya yang agung.  Seyogyanya !,  tempat wisata di Bogor mendapat kebijaksanaan oleh wisatawan dalam aktivitas berwisata dan kearifan dari pengembang dalam pengelolaannya, serta kita semua, Uyee…