Curug Panjang, wisata minat khusus di Puncak Bogor

camping keluarga di puncak bogor

Curug Panjang – Berenang di hijaunya kolam air terjun curug panjang setelah melakukan hiking dari Highland camp melewati hutan pegunungan bawah merupakan salah satu cara dalam menikmati liburan pada kawasan wisata alam curug Panjang. Selain berenang dan camping, para wisatawan akan diperhadapkan dengan wisata petualangan seperti body rafting, cliff jumping, hiking, susur sungai dan banyak lagi aktifitas wisata di curug Panjang.


H O T L I N E

+62 811-1114-084

WHATSAPP

Curug Panjang – Banyak yang mengira wisata curug Panjang di Puncak Bogor hanyalah sebatas aktifitas piknik di sekitar air terjun dengan berenang di kolam terjunan curug Panjang atau sebatas jalan-jalan disekitar curug. Sebenarnya banyak aktifitas yang dapat dilakukan ketika seseorang berwisata di curug Panjang, seperti trekking hutan, hiking, susur sungai, body rafting, cliff jumping, camping, canpervan, jelajah air terjun, dan banyak lainnya.

Keragaman wisata minat khusus yang disajikan di kawasan wisata curug Panjang itu karena adanya daya dukung lingkungan, alam dan obyek daya tarik wisata sebagai faktor utama kegiatan pariwisata di curug Panjang, yaitu curug Panjang, Highland camp curug Panjang dan campervan ground TAM, curug Naga, curug Barong, curug Periuk, curug orok, camping ground curug Naga, Highland camp Samara, beberapa spot berkemah dalam lokasi curug Panjang, hutan pegunungan bawah, bentang alam, aliran sungai, dls. 

Pengembangan terus dilakukan oleh para pihak (Perhutani, swasta dan masyarakat) pada kawasan curug Panjang untuk menjadi sebuah kawasan wisata alam dengan konsep one stop shopping, dengan air terjun curug panjang yang menjadi identitas penciri kawasan pariwisata yang berada di barat daya gunung Paseban.

Karena kepopuleran air terjun curug Panjang yang unik, saat ini nama “curug panjang” disematkan pada kawasan pariwisata yang berada dilerengan barat gunung Paseban dengan obyek daya tarik wisata alam dan aktifitasnya yang beragam seperti tempat berkemah, jalur treking hutan dan intepretasi, tempat susur sungai, jelajah air terjun, body rafting, cliff jumping, berenang, hiking dan banyak aktifitas lainya.

Selain merujuk pada obyek daya tarik wisata yang airnya meluncur dari lerengan (slope) sepanjang +20 meter, curug Panjang merupakan komplek air terjun yang berada pada aliran sungai Cirangrang Ciesek dengan 6 terjunan air yang sangat eksotis, yaitu curug naga, curug barong, curug priuk, curug orok, curug bulao dan curug panjang.

Disepanjang aliran sungai Cirangrang Ciesek itulah  enam terjunan air atau air yang terjun / jatuh / meluncur dari ketinggian yang kemudian bermuara di kolam terjun (plunge pool) yang dalam padanan bahasa sunda dikenal dengan sebutan curug, salah satunya adalah curug panjang.

Destinasi Curug Panjang

Curug Panjang – Terdapat beberapa obyek daya tarik wisata curug Panjang dan merupakan bagian yang terintegrasi satu dengan lainnya sebagai kawasan wisata minat khusus curug Panjang, yaitu air terjun curug Panjang, air terjun curug Bulao yang berada di hilir curug Panjang, komplek air terjun  curug naga yang terdiri dari curug Barong, curug Periuk, curug, orok dan curug Naga, aliran sungai, hutan pegunungan bawah, bentang alam, dan kekayaan hayati dipunggungan barat daya gunung Paseban.

Oleh pengelola, curug Panjang dan curug Buloa di peruntukan sebagai tempat wisata massal sementara itu komplek air terjun curug Naga untuk wisata minat khusus. Dan, sebagai tempat menginap para wisatawan, terdapat beberapa camping ground, yang terbesar adalah Highland camp curug Panjang dan zona canverpan ground TAM. Dibarat laut curug Panjang terdapat Highland Camp Samara, sementara itu camping ground curug Naga berada di sebelah barat air terjun curug Naga. 

Curug terbentuk karena terjadinya patahan bumi sehingga adanya terjunan air, dapat juga disebabkan oleh adanya aktivitas erosi aliran air yang mengalir diatas lapisan batuan sehingga terjadinya pengikisan.

ODTW Curug Panjang

Image –2 : cliff jumping di curug Panjang

Curug Panjang – Berbeda dengan air terjun lainnya yang ada disepanjang aliran sungai Cirangrang, yang pada umumnya memiliki terjunan air yang vertikal, curug panjang membentuk lerengan (slope) sepanjang +20 meter dengan debit air yang cukup deras dan konstan, memiliki ketinggian terjunan air +4 meter, dengan kedalamannya mencapai 7 meter dan kolam terjunnya berdiameter +10 meter, curahan air yang sejuk dan berwarna hijau tosca itu membentuk kolam besar yang dapat direnangi.

Air terjun curug panjang yang memiliki bentuk yang memanjang, karakternya telah menginspirasi masyarakat yang bermukim disekitar terjunan air dengan menyebutnya sebagai curug panjang atau kependekan dari kata curug yang memanjang dan telah menjadi identitas yang merujuk pada kawasan wisata lerengan barat gunung Paseban karena kepopuleran nama terjunan air dengan bentuknya yang memanjang.

Baca juga :
Destinasi Curug Panjang

Komplek air terjun curug Naga

Image -3 : cjelajah curug Naga

Curug Panjang – Wanawisata curug naga merupakan satu kesatuan utuh dari empat terjunan air yang sangat eksotis, berada dihilirnya curug panjang, dialiran sungai cirangrang, tebingan barat gunung Paseban dalam kawasan pariwisata curug Panjang.

Berbeda dengan obyek daya tarik wisata (ODTW) curug panjang dan curug cibulao yang di peruntukan bagi wisata umum / wisata massal, wanawisata curug naga diperuntukan untuk wisata minat khusus bagi wisatawan yang memiliki kecenderungan minat serta tujuan dan motivasi khusus dalam berwisata, seperti aktifitas body rafting, river trekking, cliff jumping, free falling, dls.

Keempat terjunan air yang kesemuanya dikelilingi oleh tebingan tinggi dan pepohonan yang menghiasi sepanjang aliran sungai cirangrang, adalah curug orok, curug priuk, curug barong dan curug naga yang masing-masing karakter jatuhan air nya berbeda antar satu dengan curug lainnya.

Curug Periuk

Curug Panjang – Bentuk kolam terjunan airnya ini mirip seperti peralatan dapur berbahan tembaga, logam atau tanah yang banyak digunakan oleh masyarakat sunda pada masa lampau untuk menanak nasi /ngaliwet, yaitu periuk. Sehingga, masyarakat yang bermukim disekitar air terjun yang bersembunyi dibalik lebatnya pepohonan, mengenalnya dengan sebutan curug periuk, identitas periuk yang merujuk pada curug ini melekat sampai saat ini. Curug periuk letaknya berada disebelah hulu curug Barong yang merupakan satu dari 8 air terjun dalam komplek curug panjang, memiliki ketinggian terjunan air sekitar 8 meter, dengan kolam terjunan yang cukup tenang dan luas untuk direnangi, berdiameter +8 meter.

Tebingan dengan batuan keras dan cadas yang menjadi benteng alam curug periuk merupakan tempat yang ideal untuk melakukan lompatan bebas (free falling) atau cliff jumping dengan kolam terjunan sebagai tempat jatuhnya. Sebelum melakukan terjun bebas, terlebih dahulu harus menapaki tebingan bebatuan hitam berlumut yang cukup licin ketika pada musim penghujan..

Curug Barong

Curug Panjang – Inilah air terjun yang paling eksotis diantara saudara berlima nya, curug barong adalah surga air terjun yang tersembunyi yang berada di sepanjang aliran sungai Cirangrang, curug ini memiliki terjunan air setinggi lebih dari 20 meter, lingkungannya yang tertutup oleh rapatnya vegetasi dengan tebingan batuan cadas yang membentenginya, memberikan nuansa sangat personal (private), suasananya yang dingin, sunyi dan senyap adalah kesan yang dihadirkan oleh curug yang memiliki nama sebuah mahluk imaginer berbentuk samaran binatang, berkaki empat atau berkaki dua dengan kepala singa dalam mitologi bali dan jawa.

Curug barong memiliki karakter yang hampir mirip dengan curug naga baik dari lingkungan maupun karakter terjunan airnya, perbedaannya terletak pada ketinggian curug barong yang lebih rendah + 8 meter dibandingkan curug naga dan kolam terjunan airnya lebih dalam untuk melakukan cliff jumping atau free falling dari atas tebingan batuan keras dan cadas.

Curug Orok

Curug Panjang – Masyarakat disekitar Megamendung dan Cilember mengenalnya dengan sebutan curug orok, identitas yang disematkan pada air terjun ini merujuk pada bentuk dan karakter terjunan airnya yang lebih kecil jika dibandingkan dengan kelima curug lainnya yang berada disepanjang aliran sungai Cirangrang. Orok berakar dari padanan kata dalam bahasa sunda yang mengandung arti bayi, dengan kata lain “curug orok merupakan saudara terkecil atau bayi yang berada dalam jajaran air terjun di sepanjang aliran sungai Cirangrang”. Curug orok berada disalah satu cekungan aliran sungai Cirangrang yang merupakan hulu sungai ciesek yang airnya mengalir menuju sungai Ciliwung. Curug orok memiliki terjunan air setinggi +4 meter dengan kolam terjunan air yang cukup luas untuk direnangi dan dalam.

Kabarnya, di curug orok terdapat gua, dimana didalamnya ada air mengalir dengan deras, posisinya berada di tebingan bebatuan. Kendatipun curug orok tidak sepopuler curug bulao, curug panjang, curug naga, curug priuk dan curug barong, namun eksotisnya tidak kalah dengan ke-5 saudara lainnya..

Curug Naga

Curug Panjang – Curug Naga yang mempesona memiliki ketinggian terjunan air sekitar +28 meter dengan kedalamaan kolam terjun mencapai 12 meter, diapit oleh tebing-tebing tinggi yang atapnya tertutup oleh rimbunya pepohonan, sebagiannya adalah langit. Tebingan di Curug Naga adalah batuan keras dan cadas merupakan spot alami untuk melakukan lompatan bebas untuk menguji adrenalin dengan melakukan terjun bebas (free falling) dari ketinggian 7-8 meter.

Untuk menuju terjunan air dalam jelajah curug naga, terlebih harus melewati curug priuk, lalu menyusuri aliran sungai Cirangrang searah air mengalir dengan berenang (body Rafting), selanjutnya menapaki jalanan setapak dan mendaki bebatuan cadas menuju lokasi yang lebih tinggi, dilanjutkan dengan menyusuri hutan, kemudian menuruni tebing (rappelling) dengan kemiringan hampir mencapai 80 derajat yang berkontur tanah bercampur batuan cadas dengan menggunalan karmantel / tambang.

Baca juga :
Wisata Alam Curug Naga

Highland Camp; Tempat berkemah di Curug Panjang

curug panjang
Image -4 : Tempat berkemah di Curug Panjang

Curug Panjang – Highland camp curug panjang adalah tempat berkemah terluas di kawasan pariwisata Puncak Bogor untuk gathering, outing berbasis adventure dan wisata minat khusus dengan tenda sebagai tempat menginapnya. Highland camp curug panjang terbentuk dari keindahan lanskap buatan diantara pesona lanskap alam yang memperlihatkan pola keteraturan sebuah tempat berkemah yang hadir diantara pesona hutan pegunungan bawah (sub-montana) dan element air.

Yang menarik lainnya di Highland Camp Curug Panjang, adanya Taman Kunang-Kunang. Taman Kunang-Kunang merupakan rumah bagi ribuan serangga malam yang dapat menghasilkan cahaya dari sinar dingin. Serangga bercahaya ini bernama latin Lampyridae. Jika beruntung (bermunculan kunang-kunang terpengaruhi oleh suhu dan kelembaban), ketika berkemah, pengunjung akan melihat serangga malam ini mempertunjukan cahaya dramatisnya, mereka berterbangan dengan cahaya ketika saling mencari pasangan dan sebagai tanda peringatan antar-sesamanya tentang ancaman bahaya yang datang.

Taman Alam Matahari camp

curug panjang
Image -1 : Campervan ground curug Panjang

Curug Panjang – Zona Campervan yang berada dalam kawasan bumi perkemahan Highland camp curug panjang berada disebelah barat laut zona Halimun, Ciputri dan situhiang. Zona ini memiliki pemandangan gunung salak dan citylight pada malam harinya. Dengan kontur berundak, Zona Campervan di Highland camp memungkinkan setiap pekemping tidak bercampur dengan pekemping lainnya.

Zona Camper Van dikawasan Highland camp merupakan sebuah enclave yang dikelilingi oleh hutan pegunungan bawah, zona ini memiliki keberagaman campsite dengan daya tampung mencapai 30 unit kendaraan dengan tenda berada disampingnya. Sebuah campsite yang menghadap gunung salak dengan pemandangan kemeriahan lampu kota pada malam harinya telah menjadi daya tarik bagi para camper, campsite lainnya memiliki keunggulan pemandangan hutan, perbukitan dan lembahan.

Baca juga :
Review zona campervan TAM

Samara Camping Ground

curug panjang
Image -5: Samara camping ground

Curug Panjang – Camping ground yang bersebelahan dengan tempat wisata curug Panjang dan curug Naga ini memiliki daya tampung s.d 300 orang. Highland Camp Samara adalah tempat camping yang berada di sebelah utara komplek air terjun Curug Naga. Tempat camping yang berbatasan dengan pos-1 tiket wisata curug Panjang ini diperuntukan sebagai destinasi camping keluarga dan Campervan ground dengan beragam aktivitas wisata minat khusus nya seperti wisata air terjun curug Panjang, jelajah curug Naga, hiking/treking hutan, susur sungai, body rafting, dan lainnnya.

Baca juga :
Samara camping ground

Camp Curug Naga

curug panjang
Image -1 : Curug Naga camping ground

Curug Panjang – Suasana hening dengan pemandangan hutan pegunungan bawah yang tumbuh di perbukitan memanjang, itu laksana benteng alam yang mengitari komplek perkemahan yang berada di punggungan barat gunung Paseban. Curug Naga Camping Ground memiliki 8 campsite atau tempat mendirikan tenda dengan kapasitas per campsite nya sekitar 1-3 tenda dome gede pangrango (ukuran L 2,5 meter x P 3,5 meter, T 1,9 meter). Camping ground dengan aroma pinus merkusii menghadirkan nuansa hening, personal dan menangkan.

Ketika berkemah di camping ground curug Naga, pekemping dapat melakukan aktivitas wisata minat khusus seperti trekking hutan, hiking, susur sungai, jelajah curug Naga dan berenang di air terjun curug Panjang. Dan, selama berkemah, anda dapat melakukan aktivitas memasak, berhammok, bermain bersama keluarga atau sekedar membaca buka dengan ditemani oleh keriuhan binatang pagi atau sore.

Baca juga :
Curug Naga camping ground

Kegiatan wisata di Curug Panjang

Curug Panjang – Dengan bentang alam yang mempesona, dimana didalamnya terdapat hutan pegunungan bawah, elemen air yang terdiri dari aliran sungai kecil maupun besar dengan beragam karakter terjunan airnya yang ada disepanjang sungai Cirangrang Ciesek dan kekayaan kekayaan hayati (biodiversitas) dalam kawasan hutan, kawasan wisata curug Panjang menyimpan keindahan alam untuk dinikmati pesonanya pada saat berwisata.

Beragam aktifitas wisata yang dapat dilakukan oleh wisatawan ketika berkunjung ke kawasan wisata alam curug Panjang yaitu sebatas piknik ke air terjun curug Panjang dengan berenang ataupun menikmati pesona alam yang indah disekitar terjunan air curug Panjang, maupun aktifitas wisata minat khusus seperti jelajah curug Naga, body rafting, cliff jumping, hiking, trekking hutan, susur sungai, berkemah dan banyak lagi wisata lainnya. 

Liburan di curug Panjang

curug panjang
Image -1 : Piknik di curug Panjang

Curug Panjang – sebagian besar wisatawan ketika berkunjung ke obyek daya tarik wisata curug Panjang itu sebatas piknik dengan aktifitasnya berenang di air terjun, jalan-jalan, menikmati keindahan alam curug panjang, ataupun sebatas ngopi di parkiran mobil ataupun di warung-warung yang banyak tersebar di sekitar curug Panjang. Disekitar tempat parkir kendaraan terdapat beberapa spot swaphoto yang dapat dimanfaatkan oleh wisatawan ketika piknik di curug Panjang, lainnya adalah kolam ikan yang berada dibawah tajuk tegakan pinus merkusii.

Petualangan di curug Naga

curug panjang
Image – 6 : Jelajah air terjun

Curug Panjang – Beragam sensasi petualangan dapat anda rasakan ketika berjelajah di curug Naga, seperti sensasi cliff jumping, body Rafting, mendaki bebatuan hitam berlumut, rappeling, dan sensasi menjelajah jalanan setapak dibawah rimbunan tajuk tegakan dan menyusuri dinginnya arus sungai.

Jelajah curug naga dapat diikuti oleh rentang usia antara 17 – 50 tahun atau usia diatas 14 tahun dengan postur tubuh yang layak dan dianggap mampu melewati rintangan-rintangan dalam penjelajahan air terjun naga oleh leader. Jelajah Curug Naga memiliki durasi petualangan antara 2-4 jam tergantung pemilihan paket penjelajahan. Ada 2 ragam paket yang menjadi pilihan ketika ingin merasakan sensasi berpetualang yaitu pilihan jelajah 2 curug dan jelajah 3 curug.

Baca juga :
Jelajah curug Naga

Body Rafting di curug Panjang dan Naga

curug panjang
Image – 7 : Body rafting di curug orok

Curug Panjang – Body Rafting Curug Naga adalah adalah kegiatan pengarungan sungai dan jeram di komplek air terjun curug Naga dengan menggunakan tubuh atau badan yang dilengkapi pengaman diri berupa body protector, life jacket dan helm dalam pengarungannya. Body Rafting Curug Naga merupakan salah satu aktifitas dalam jelajah curug naga dimana aktivitas lainnya adalah trekking hutan, cliff jumping dan susur sungai.

Dalam jelajah curug naga, pesona alam dilerengan barat daya gunung paseban akan menjadi untaian symponi yang menakjubkan, dimana aktivitas fisik dan olah emosi akan berpadu peran dengan instrumen-instrumen hutan pembentuk kehidupan dan gemuruh terjunan air yang eksotis serta dalam indahnya ruang kebersamaan dalam penjelajahan komplek air terjun curug naga..

Baca juga :
Body rafting curug Naga

Hiking dan Trekking curug Panjang

curug panjang
Image -1 : Hiking hutan pegunungan bawah

Curug Panjang – Berada dalam kawasan pariwisata gunung Paseban di punggungan barat dayanya, perjalanan ini akan dimulai dengan mengambil titik kumpul di Highland camp. Ada beberapa rute jalur penjelajahan dengan durasi dan tantangan yang berbeda antara satu dengan lainnya, yang terdekat dapat di jangkau sekitar 1.5-2 jam perjalanan dengan melewati sungai, air terjun dan hutan menuju venue air terjun curug panjang. Dan, rute kedua hiking menuju venue air terjun curug bulao, perjalanan dengan menggunakan jalur highland – curug panjang – curug bulao ini dapat ditempuh sekitar 2-3 jam dengan melewati hutan, sungai lembahan dan perbukitan. Rute lainnya menuju gunung Kencana, perjalanan dengan menggunakan jalur ini dapat ditempuh dengan 4-5 jam perjalanan. baca selanjutnya di Gunung Paseban.

Baca juga :
Trekking hutan

Telusur sungai curug Panjang

curug panjang
Image -8 : Susur sungai

Curug Panjang – Susur sungai adalah aktifitas menelusuri sungai dalam kawasan bumi perkemahan Highland camp, sepanjang aktifitas susur sungai, anda akan diajak menapaki bebatuan hitam disepanjang aliran sungai yang tak berarus kencang dan mendaki tebingan air terjun curug saimah untuk mencapai puncak ketinggian dimana pandangan tak terbatasi oleh sekat-sekat pembatasnya, lalu berenang di segarnya air berwarna hijau tosca di curug panjang yang memiliki lerengan terjunan air sepanjang +20 meter.

Susur sungai merupakan bagian dari kegiatan journey, dimana trekking hutan dan susur sungai adalah bagian yang tidak dipisahkan antara satu dengan lainnya, hal ini karena penyusuran sungai dan trekking hutan merupakan salah satu perjalanan untuk menuju obyek daya tarik wisata curug Panjang berbasis petualangan.

Baca juga :
Susur sungai

Berkemah

curug panjang
Image -9 : Camping di Highland camp

Curug Panjang – Wisata camping keluarga merupakan solusi pro-edukasi dalam mengisi liburan, sekaligus membangun komunikasi efektif dan kualitas sebuah kebersamaan dalam keluarga. Kegiatan berkemah bersama keluarga merupakan salah satu alternatif liburan keluarga bergenre petualangan yang memiliki banyak manfaat, terutama bagi anak-anak. “Camping keluarga adalah kegiatan rekreasi keluarga yang dilakukan di alam terbuka dengan tidur menggunakan tenda, bertujuan guna mendapatkan pengalaman petualangan di alam bebas dan pembelajaran tentang lingkungan hidup serta membangun kualitas kebersamaan dalam keluarga”

Selain untuk lebih mendekatkan hubungan antar sesama anggota keluarga, kegiatan berkemah dapat menumbuhkan kepedulian anak terhadap lingkungan hidup, serta menanamkan rasa cinta kasih pada alam, mengasah ketrampilan dan kreatifitas di alam bebas, dan memberi manfaat positif secara langsung maupun tidak langsung bagi sebuah keluarga.

Kunci keberhasilan berkemah bersama keluarga adalah perencanaan dan persiapan yang matang, hal ini karena ketika berkemah semua anggota keluarga akan dihadapkan pada situasi dan kondisi yang tidak biasa dengan keadaan keseharian setiap anggota keluarga. Kondisi alam dan lingkungan ditempat perkemahan akan berbanding terbalik dengan kondisi ketika di rumah dan ketika melakukan aktivitas di perkotaan. Oleh karenanya, kenyamanan dan keamanan harus menjadi prioritas yang harus diperhatikan semenjak dari awal, sehingga liburan camping bersama keluarga akan berkesan dan dapat memberikan banyak pengalaman serta pengetahuan yang berharga.

Baca juga :
Family camp

Harga Tiket Masuk Curug Panjang

curug panjang
Image -10 : Boking tiket

Curug Panjang – Terdapat beberapa pos tiket untuk menuju obyek daya tarik wisata curug panjang dan air terjun lainnya, yaitu pos 1 curug panjang, pos-2 curug panjang, pos-3 curug Naga dan pos-4 curug Bulao. Pos-1 dan pos-3 dapat dijangkau dengan kendaraan roda 2 ataupun roda 4 dengan melewati jalan Pusdik Resintel desa Megamendung, sementara pos-2 dan pos-4 dapat ditempuh dengan melewati jalan desa Cilember. Untuk dapat memasuki obyek daya tarik wisata curug Panjang, curug Bulao pengunjung dapat membeli tiket di loket yang disediakan.

Hal berbeda ketika wisatawan akan berkemah di Highland camp, baik di camp Curug Panjang dan zona campervan ground maupaun di Highland camp Samara, untuk dapat berkemah di Highand camp, pekemping dapat melakukan reservasi online dengan menghubungi marketing Highland camp, begitupun dengan paket-paket wisata minat khusus lainnya seperti body rafting, jelajah air terjun dan lainnya.

HTM curug Panjang dan paket wisata

UraianHargaKeterangan
HTM curug PanjangRp. 12.000,-Asuransi
HTM Highland campRp. 66.000,-free parkir, standing lamp, colokan listrik
Body Rafting Curug NagaRp. 130.000,-
Jelajah Curug Naga (2 air terjun)Rp. 145.000,-
Jelajah Curug Naga (3 air terjun)Rp. 180.000,-
Camping plus di Highland CampRp. 365.000,-peralatan camping, makan, aktifitas
Camping Keluarga di Highland CampRp. 265.000,-klik detail camp keluarga
Paket Gathering perusahaanklik harga dan paket gathering

Rute wisata curug Panjang

Curug Panjang – Terdapat dua rute untuk menuju obyek daya tarik wisata Curug Panjang dari jalan raya Puncak, yaitu rute jalan Megamendung desa Megamendung dan kedua rute dari Cilember desa Cilember Puncak Bogor. Kedua rute ini tidak menyambung satu dengan yang lainnya karena terhalangi oleh aliran sungai Cirangrang dimana curug Panjang berada dalam aliran nya.

Jika dari arah Jakarta ataupun Bogor, wisatawan dapat melewati jalan raya puncak ketika jalanan tidak macet ataupun ditutup satu arah, namun sebaliknya, jika jalanan Puncak macet ataupun ditutup satu arah ke arah gadog, wisatawan dapat melewati rute pasir angin.

  1. Rute Gadog ; keluar dari pintu tol Ciawi lalu mengambil jalur menuju gadog, 9 km dari Gadog melewati jalan raya puncak akan ketemu dengan pertigaan Cilember atau rest area semesta lalu dilanjutkan menuju curug panjang pos-2 atau dari masuk ke pertigaan Megamendung melewati jalan Pusdik Resintel menuju curug Panjang pos-1.
  2. Rute Pasir Angin ; Rute pasir angin digunakan sebagai rute alternative ketika jalan raya puncak mengalami kemacetan. Dari jalan tol jagorawi, ambil pintu keluar pintu sentul selatan, lalu masuk jalan Rainbow Hill menuju jalan bukit pelangi, dari jalan bukit pelangi belok kiri ke jalan terobosan atau jalan makan mbah Aria sampai akhirnya di Cinangka Cipayung Girang dan dari pertigaan hotel Ayuda Pertamina, kendaraan berbelok kearah kiri umenuju jalan Megamendung Pusdik Resintel untuk menuju pos-2 Curug Panjang, atau dan dilanjutkan menuju jalan raya puncak, lalu keluar dari mesjid Megamendung. Sekitar 500 meter dari mesjid Megamendung masuk Cilember / rest area semesta dan dilanjutkan curug panjang pos-2.

Rute via Cilember

Curug Panjang – Aksesibilitas dari jalan raya puncak berjarak +4,8 km, melewati jalan desa Cilember yang dapat dilalui oleh kendaraan berjenis truk TNI dan mikro bus yang berkapasitas 19/21 tempat duduk. Untuk yang menggunakan big bus dengan kapasitas 60 seat, kendaraan akan di parkir di rest area semesta Cilember yang selanjutnya diangkut dengan menggunakan transportasi lokal menuju pos-2 curug Panjang.

Rute via Megamendung

Curug Panjang – Untuk mencapai curug Panjang via jalan Megamendung dari pertigaan megamendung atau mesjid Nurul Huda Megamendung dapat di tempuh dengan perjalanan dengan kendaraan roda 4 atau roda 2 sepanjang 6.5 km, melewati jalan Pusdik Serse Megamendung, lalu dilanjutkan menuju arah Bank Mega dengan mengambil arah menuju Curug Panjang pos 1 Curug Panjang.

Dari Bank Mega, pekemping akan diperhadapkan pada jalanan dengan suasana hutan yang berada di kiri dan kanan jalan. disepanjang perjalanan terdapat beberapa komplek pervilaan. Banyak jalan berkelok menuju camping ground samara dengan lebar jalan sekitar 2,5 s.d 3,5 meter. Oleh karenanya diperlukan kehati-hatian ketika melintas jalan dari Bank Mega sampai pos-1 curug Panjang.

Mitos tentang curug Panjang

Curug Panjang – Konon kabarnya menurut catatan nativeindonesia.com yang belum tentu benar adanya, mitos yang berkembang bahwa curug Panjang merupakan area portal menuju dunia lain. diareal sekitar curug panjang terdapat beberapa pintu yang tersebar di lokasi Curug Panjang untuk memasuki sebuah “kerajaan” dari dunia lain, dimana merupakan tempat bertemunya para raja di Nusantara.

Catatan penulis yang sering melakukan ekspedisi dan penelitian di curug panjang dan di gunung Paseban Megamendung tidak pernah menemukan cerita mitos seperti tersebut diatas baik dari masyarakat lokal maupun pada catatan lainnya selain dari native Indonesia, correcto.id dan portal sejenisnya yang banyak menyadur dari sumber yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Gunung Paseban

curug panjang
Image -11 : Hutan gunung Paseban

Curug Panjang – Paseban berakar dari asal kata saba/sa-ba/ jw v; bepergian ke luar rumah; bersaba/ber-sa-ba/ kl v; bergaul; berkunjung; menyaba/me-nya-ba/ kl v; kerap kali mengunjungi / mendatangi. Pasabaan/pa-sa-ba-an/ sd n sunda yang artinya sebagai tempat yang kerap dikunjungi / didatangi. Pada versi lain paseban berakar dari asal kata seba/se-ba/ sn; bakti, menghadap (raja); pa-se-ban /paséban/ jw n balai yang digunakan untuk menghadap (raja); balai penghadapan.

Jika ditelusuri dari asal kata, maka dapat disimpulkan “bahwa gunung Paseban sejak dahulu kala telah menjadi tempat dengan daya tarik tertentu yang banyak dikunjungi untuk berbagai macam kepentingan”, hal ini disimbolkan dengan kata Paséban itu sendiri yang menjadi penamaan / identitas sehingga melekat atas nama gunung dan kawasan-kawasan pembentuknya.

Baca juga :
Gunung Paseban

Danau Situhiang

curug panjang
Image -12 : Jembatan Rawayan

Curug Panjang – Paseban dapat maknakan pula sebagai sebuah perkampungan masyarakat yang bermukim di punggungan gunung Paseban, bernama kampung Paséban. Untuk mencapai kampung paseban terlebih dahulu akan melewati sebuah jalan bernama situhiang, berasal dari akar kata situ dan hyang yang berarti situ/si-tu./sd n; danau kecil dan hyang dalam bahasa Melayu, Kawi, Jawa, Sunda, dan Bali adalah suatu keberadaan spiritual tidak kasat mata yang memiliki kekuatan supranatural. Konon menurut cerita bahwa pada dahulu kala disekitar gunung Paseban terdapat telaga tempat bersemayamnya para dewa.

Kesimpulan wisata Curug Panjang Bogor

Curug Panjang – Sejak jaman Belanda, Puncak Bogor merupakan tempat wisata karena keindahan bentang alam yang berada di bagian barat gunung Gede Pangrango, begitupun dengan kawasan wisata minat khusus curug Panjang yang berada di lerengan barat gunung Paseban yang menyimpan banyak pesona.

Pada kawasan wisata curug Panjang, obyek daya tarik wisata tereksotis adalah komplek air terjun curug Naga yang memiliki lingkungan alam nan asri dengan terjunan-terjunan airnya yang berwarna hijau toska, yang lainnya adalah Highland camp curug Panjang yang dikitari oleh tiga aliran sungai dengan keindahan lansekap alam yang berpadu padan dengan lansekap buatan untuk berkemah.

Dan, curug Panjang yang menjadi identitas penciri kawasan wisata alam Paseban, itu karena kepopuleran sebuah air terjun yang memanjang dan membetuk slope. Curug Panjang merupakan obyek daya tarik wisata massal bergendre wisata air. Beberapa aktifitas wisata yang dapat dilakukan di curug Panjang adalah berenang, jalan-jalan atau sebatas menikmati secangkir kopi di sekitar air terjun.

Selain sebatas piknik, beberapa wisata minat khusus berbasis petualangan dapat dilakukan di kawasan wisata curug Panjang seperti jelajah air terjun, body rafting, cliff jumping, hiking, trekking, susur sungai, camping. Aktifitas tersebut diatas merupakan bagian terintegrasi antara satu destinasi dengan obyek daya tarik wisata lainnya, seperti camping ground sebagai tempat menginap wisatawan dengan air terjun curug panjang sebagai termpat pikniknya.


This entry was tagged in piknik di curug panjang and curug naga, wisata di curug panjang, liburan di puncak, curug panjang, air terjun curug panjang, curug di puncak, curug di bogor, venue curug panjang, destinasi alam curug panjang, berwisata di curug panjang, camping di curug panjang, tempat camp curug panjang, highland camp curug panjang, wisata air curug panjang, rute ke curug panjang, berwisata ke curug panjang.