Wisata Edukasi di Bogor Paket Educamp

outbound bogor calvin diskusi

Wisata Edukasi bergenre camping dan petualangan untuk remaja dan anak-anak

Wisata Edukasi atau Edutourism untuk anak-anak dan remaja dikatagorikan sebagai wisata minat khusus yang menggabungkan antara rekreasi dan pendidikan, dapat pula dikatakan sebagai study tour atau perjalanan kunjungan-kunjungan pengetahuan dengan motivasi tertentu. “Wisata edukasi adalah suatu program dimana peserta kegiatan wisata melakukan perjalanan wisata pada suatu tempat tertentu dalam suatu kelompok dengan tujuan utama mendapatkan pengalaman belajar secara langsung terkait dengan lokasi yang dikunjungi (Rodger, 1998).

Educamp adalah paket wisata edukasi bergenre camping dan petualangan untuk anak-anak serta remaja, kegiatannya diselenggarakan di Highland Camp Bogor, muatan wisata edukasi ini meliputi pendidikan keanekaragaman hayati hutan tropis, permainan-permainan edukatif dan reakreatif  dan wisata air terjun.

Paket Wisata Edukasi di Bogor



Wisata Edukasi bergenre camping dan petualangan ini lokasinya berada di Highland camp. Highland camp memiliki luas kawasan + 5,9 hektar, berada di Megamendung Bogor,  terbentuk dari keindahan lanskap buatan yang memperlihatkan pola keteraturan sebuah tempat camping yang hadir diantara pesona lanskap alam bentukan formasi bumi, panorama perbukitan, vegetasi hutan hujan tropis, dan elemen air. Di Highland camp terdapat Taman Kunang-kunang merupakan rumah bagi ribuan serangga bercahaya yang bernama ilmiah Lampyridae, Keragaman flora dan fauna dapat dilihat pada sepanjang jalur interpretasi dan jalur susur sungai menuju air terjun.

Tempat Wisata Edukasi di Bogor

Selain di Highland camp dengan Educamp sebagai paket Eduwisata unggulan dan cukup populer, di Bogor terdapat tempat-tempat yang mengkhususkan lokasinya didesain guna mendukung kepentingan aktifitas wisata edukasi dengan berbagai karekteristik dengan dukungan paket Eduwisata yang khas pada setiap obyek wisata nya, seperti  wisata budaya di kampung budaya sindang barang dan Taman Budaya, wisata agro edukasi di Agroedutourism IPB,  Kampoeng Wisata Cinangneng, kampoeng bambu, dls.

1. Wisata edukasi budaya di kampung Budaya Sindang Barang

Kampung Budaya Sindang Barang yang berada di Sindang Barang, Dukuh Menteng, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari Bogor memiliki berbagai macam kesenian Sunda yang telah direvitalisasi dan dilestarikan guna kepentingan pelestarian budaya dan pariwisata. Di kampung Sindang Barang ini pula terdapat situs-situs peninggalan kerajaan Pajajaran berupa Bukit-bukit berundak, dls.

Kampung budaya Sindang barang meneruskan nilai-nilai kearifan lokal dari akar tradisi leluhur sunda pajajaran.  Menurut sejarahnya, Kampung Sindang Barang sudah ada sejak abad ke XII, dan pada saat ini, kebudayaan Sunda yang masih kental tercermin dalam perilaku kehidupan masyarakatnya sehari-hari telah menjadi daya tarik Eduwisata Budaya di Jawa Barat.

2. Wisata edukasi Agro di Kampoeng Wisata Cinangneng

Sebagai Kampung wisata, Cinangneng yang berlokasi di Jalan Babakan Kemang, Cihideung Udik, Ciampea, Bogor menghadirkan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan budaya, alam, hingga pertanian. Suasana khas pedesaan yang masih asri dan gambaran kebudayaan masyarakat Sunda menjadi daya tarik tersendiri bagi Dunia Pariwisata Indonesia.

3. Wisata edukasi Agro di kampung Cibuluh Kiarasari

Kampung Cibuluh atau Kampung Wisata Agro Cibuluh di Desa wisata Kiarasari, memiliki tofografi alam berkontur, berundak dan dikelilingi hutan Halimun. Selain lansekap alam yang menawan, kampung yang berada di zona penyangga Taman Nasional ini merupakan kampung wisata agro atau agrowisata dengan karakter pesawahan yang sangat luas. Sebagian besar masyarakat menopangkan hidupnya sebagai petani dengan menjunjung tinggi  garis ketaatan adat.

Ikatan erat masyarakat kampung Cibuluh sebagai bagian dari kasepuhan Cipatat kolok dan Kasepuhan Urug telah membentuk perilaku kehidupan sehari-hari. hal ini dapat terlihat dari gaya arsitektur bangunan rumah, dan cara bertani masyarakatnya. lansekap alam yang menawan dengan masyarakat yang menopangkan hidupnya kepada kekayaan alam, seperti pertaniaan, perkebunaan dan peternakan telah menjadi daya tarik tersendiri bagi aktifitas pariwisata berbasis  agro di bagian barat kabupaten Bogor.

4. Wisata Desa di Desa Wisata Malasari

Wisata Edukasi – Lanskap buatan berupa pesawahan terasering yang indahnya laksana terasering di Bali dan perkebunan teh Nirmala Agung yang ditata sedemikian rupa oleh para leluhur penduduk Malasari dan Pemerintah kolonial Belanda, menampilkan pemandangan indah nan eksotis. Keelokan Desa Wisata Malasari semakin mempesona dengan dukungan geografi dan fisik alam yang memiliki banyak memiliki terjunan air serta aliran sungai,

5. Wisata Desa ; Live In di desa wisata Ciasihan

Wisata Edukasi – Seni alat musik tradisional pukul Celempung dan alat musik petik Kecapi merupakan atraksi kesenian yang disuguhkan masyarakat kepada para pelajar dan keluarga ketika live IN di Desa Wisata Ciasihan, selain suguhan makanan dan kudapan khas desa dalam perkampungan sunda. Kegiatan lainnya ketika Live IN adalah wisata alam dan agro wisata serta wisata kopi Brido yang merupakan tumbuhan Kopi khas dari pegunungan Halimun Salak yang sudah ada sejak jaman Kolonial Belanda.

Desa Wisata Ciasihan Bogor, sebagaian besarnya berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak dan zona penyangga TNGHS, berada di lerengan perbukitan Pasir luhur dan kebon baru, berbatasan dengan gunung Kendeng. Sebelah timur Desa Wisata Ciasihan terdapat Kawah Ratu dan disekitar desa wisata Ciasihan terdapat banyak air terjun atau curug

6. Ekowisata di Wisata Halimun

Eko-Wisata Halimun Salak di Desa Malasari adalah peraih Indonesian Sustainable Tourism Award 2017, ini merupakan penghargaan Pariwisata berkelanjutan Indonesia dengan standar yang diakui oleh Global Sustainable Tourism Council (GSTC). Adalah Halimun Adventure Journay atau HAJO dan Halimun Lembur Experience dengan berbagai paket turunan nya merupakan paket wisata berbasis Eduwisata dan Ekowisata Paket-paket turunan dari tersebut diatas adalah Birdwatching Live IN, dls.

Paket camping, outing, gathering dan outbound 2D1N:

Layanan kami

outbound bogor dan outbound puncak-games simulasi

OutBound

Metode pendidikan yang berpijak pada petualangan dan pengalaman besutan Kurt Hahn di tahun 1941 itu lebih populer dengan sebutan OutBound. OutBound berasal dari kata Out of Boundaries, merupakan bentuk pengalaman langsung terhadap sebuah fenomena kehidupan yang di simulasikan dalam permainan edukatif sebagai katalis pengembangan tim, kepemimpinan dan pengembangan diri. Highland Indonesia® akan menyajikan untuk anda Outbound sebagai katalis pelatihan SDM dan sebagai kegiatan wisata bermuatan learning.

Paket OutBound
tempat gathering di puncak bogor

Gathering

Gathering di maknakan sebagai sebuah kegiatan yang di selenggarakan di suatu tempat dan pada suatu waktu tertentu, didalam ruang atau pun luar ruang oleh perusahaan, komunitas, organisasi atau pun keluarga guna mendapatkan penyegaran dan mempererat tali kekerabatan, namun pernahkan anda gathering ditengah hutan dengan suasana hangatnya alam dan kental dengan kegiatan-kegiatan yang bernuansa petualangan, atau gathering dilakukan di sebuah puncak bukit dengan pemandangan tak terbatas, bersama kami gahtering anda akan berbeda !

Paket Gathering
Camping outbound Bogor

Camping

Berbagai kegiatan dapat dilakukan pada saat camping seperti trekking, susur sungai, mengamati burung dan satwa liar lainnya, membuat api unggun kebersamaan atau memancing di sungai lalu memasaknya sendiri, itu memang seru !, namun ada yang tak kalah seru nya, kegiatan gathering atau Outing yang dikemas dengan konsep camping, disisipi kegiatan OutBound dan Adventure dalam nuansa kebersamaan dan learning. “Now I see the secret of making the best person, it is to grow in the open air, and to eat and sleep with the earth” Ngemping yuk !

Paket Camping
tempat wisata di puncak bogor

Adventure

Sebuah petualangan bergenre wisata minat khusus dihadirkan pada kawasan disekitar camp, hadir dengan cliff jumping dan body rafting dalam aktivitas jelajah air terjun di Curug Barong, Curug Naga dan Curug Priuk. "Ketika anda menelusuri jalanan setapak yang penuh tantangan dalam perjalanan treking hutan, menyusuri arus sungai dan jeramnya, berenang dalam kesegaran air berwarna hijau tosca ditengah eksotisnya formasi tajuk tegakan, alam akan menjadi untaian symponi yang menakjubkan dimana aktivitas fisik dan olah emosi anda akan berpadu peran dengan instrumen hutan".

Paket Adventure