Offroad di Puncak disela aktivitas camping keluarga bertajuk adventure

offroad di puncak

Banyak cara dalam mengisi liburan bersama keluarga, salah satunya adalah mengikuti petualangan dengan mengendarai Jeep offroad di Puncak Bogor. Kegiatan bertajuk adventure ini, merupakan muatan dari program paket camping keluarga di Highland Camp Curug Panjang Megamendung Bogor.

Akan ada banyak keseruan yang didapatkan ketika sebuah keluarga yang terdiri dari ayah, ibu dan anak-anak melaju disebuah Jeep  offroad yang dipacu diatas  jalanan  berkelok-kelok dan berlumpur pekat. Goncangan unit-unit 4WD dan jeritan-jeritan suara knalpot menambah suasana perjalanan sedikit mencekam bagi mereka yang baru merasakan sensasi mengendarai Jeep offroad di Puncak Bogor. Aktifitas offroad ada pada hari kedua.

Sementara itu, pada hari pertama, keluarga akan mengikuti kegiatan journey di Highland camp curug panjang, yaitu treking hutan, susur sungai dan wisata air terjun. Dan, pada malam harinya adalah acara kebersamaan keluarga yang dihangatkan oleh api unggun.

H O T L I N E

+62 811-1114-084

WHATSAPP

Camping bersama keluarga yang diselingi journey dan offroad di Puncak Bogor

Berkemah merupakan salah satu alternatif liburan keluarga bergenre petualangan yang memiliki banyak manfaat, terutama bagi anak-anak. Pengalaman petualangan di alam bebas yang masih alami serta asri, pembelajaran tentang lingkungan hidup dan membangun kecintaan pada alam serta meningkatkan kualitas kebersamaan dalam keluarga hanya sebagia kecil dari manfaat berkemah bareng keluarga.

Yang unik dan seru ketika acara camping keluarga, semua anggota keluarga diperhadapkan pada aktifitas journey dan offroad dengan mengunakan kendaraan khusus penjelajahan medan-medan extrem. Unit kendaraan yang digunakan oleh keluarga ketika offroad adalah mobil JEEP yang memiliki kelengkapan dobel gardan (4WD). Kegiatan Offroad dilaksanakan pada hari kedua yang diakhiri dengan menanam pohon disalah satu spot tanam disekitar hutan yang dilewati. Pada hari pertama aktivitas camping keluarga adalah treking hutan, telusur sungai dan wisata air terjun. Dan, pada malam harinya diisi dengan api unggun kebersamaan dan kegiatan berbeque.

NOMOR : #FCA-2D1N.21
JENIS : WISATA  PETUALANGAN
DURASI : 2D1N
VENUE : Highland Camp
Perkebunan PTP XII
Komplek air terjun curug panjang
FASILITAS : Campsite Kendeng zona Ciputri
Tenda dome (double layer)
Kasur, selimut dan bantal
Matras 
Hammock
Api unggun
Unit Jeep offroad 4WD
Pendamping (guide tour)
Equipment (standar Highland) 
Min Paket : 8 orang
INVESTASI : Hubungi +62 811 1114 084

[customize] Paket kemah keluarga ini dapat disesuaikan dan atau ditambah-kurangkan sesuai dengan kebutuhan rencana camping keluarga. paket lainnya dalam seri kemah keluarga adalah #FCW-2D1N.19-A, paket #FCW-2D1N.19.B dan paket camping keluarga seri experience #FCE-2D1N.19

Paket kemah keluarga serie Offroad di Puncak 2D1N

Menyelusuri jalanan tanah berlumpur pada diketinggian 1200 plus Mdpl di dibatas antara hutan Gunung Gede Pangrango punggungan sebelah barat daya dengan kawasan perkebunan teh PTP XII, keluarga akan diperhadapkan dengan pemandangan hutan pegunungan yang terjaga apik, hijaunya perkebunan teh dan perkampungan masyarakat puncak.

“……Setelah sebentar saja perjalanan disuguhi oleh jalanan berbatu dengan pandangan perkebunan teh warisan masa lampau yang masih terawat oleh tangan-tangan terampil pemetik pucuk teh, keluarga akan diperhadapkan pada jalanan tanah dibatas bawah hutan pegunungan (sub tropis), disanalah roda dari unit-unit Jeep offroad berpacu untuk dapat keluar dari lelumpuran, dan saat itulah anda merasakan sensasinya petualangan diatas roda yang berpacu kencang “. 

Kegiatan offroad diselengarakan pada hari kedua, sebelumnya aktivitas camping keluarga difokuskan di Highland camp dan komplek air terjun Curug Panjang. Terdapat beberapa aktivitas yang dilakukan di Highland Camp pada saat sebuah keluarga berkemah. Program camping keluarga dibawah ini di-simulasi-kan untuk sebuah keluarga dengan dua anak yang berumur 10 tahun dan 12 tahun. Kedatangan keluarga berkisar sebelum makan siang, kegiatannya berupa :

A. Telusur sungai di Highland Camp

Terdapat tiga anak sungai yang berbeda karakter dan arus air dalam kawasan Highland camp. Air sungai yang mengalir, berasal dari mata air yang terdapat di camp dan luar kawasan. Aktivitas telusur sungai dapat dilakukan pada hari pertama sekitar jam 13.00 ketika cuaca tidak hujan. Tidak sebatas menikmati arus aliran sungai yang jernih, pada telusur sungai, sebuah keluarga dapat belajar tentang keragaman biodiversity disekitar aliran sungai. 

B. Treking hutan dalam kemah keluarga

Hiking merupakan satu runtutan yang tidak dapat dipisahkan dalam aktivitas telusur sungai, karena setelah telusur sungai, sebuah keluarga akan melewati hutan untuk dapat kembali ke campsite Kendeng. Kegiatan telusur sungai dan treking ini dapat ditempuh dengan durasi waktu sekitar 90 menit petualangan.

C. Berwisata air terjun di Curug Panjang

Curug Panjang dapat di capai dengan berjalan kaki sekitar +10 menit dari Campsite kendeng, melewati jalanan berbatu dengan dominasi tutupan pinus merkusi. Curug Panjang merupakan air terjun yang membentuk lerengan (slope) sepanjang +/- 20 meter. Bentuknya yang memanjang, memiliki ketinggian terjunan air sekitar 4 meter. Anda dan keluarga dapat berenang dalam kubangan air dengan diameter 10 meter ini, atau hanya sebatas duduk duduk ditepian curug atau diantara  batu-batu hitam yang besar. (D1-15.30 WIB)

D. Pengamatan binatang malam bersama keluarga

Pengamatan  terhadap fenomena keindahan cahaya berkedip dari hewan nocturnal bertubuh lunak dan memanjang, bernama latin Lampyridae ini paling baik dilakukan antara pukul 19.30–22.00, ketika suhu berkisar antara 17–20 ⁰C, dalam keadaan cuaca tidak hujan. “Serangga ini akan menunggu dalam gelapnya malam untuk mempertunjukan cahaya dramatisnya ketika mereka saling mencari pasangan”. Selain untuk memberi tanda kawin, cahaya kunang-kunang berperan pula sebagai tanda peringatan antar-sesama jenisnya dari ancaman dan bahaya.  Jika beruntung, tidak sebatas di area Taman Kunang-Kunang, keindahan cahayanya akan terlihat di campsite Kendeng, disekitar aliran sungai yang mengitarinya. (D1-7.00 PM)

E. Kebersamaan keluarga pada sesi api unggun dan berbeque

Salah satu penciri dalam kegiatan berkemah adalah api unggun. Potongan kayu bakar, atau kumpulan dahan, ranting, jerami serta daun-daun kering yang disusun apik di perapian atau ditempat yang sudah dikhususkan itu di bakar untuk menghangatkan suasana malam di campsite Kendeng. Ada banyak kegiatan ketika hangatnya api unggun memeriahkan suasana malam, seperti berbeque, bernyanyi bersama atau sebatas duduk depan perapian sambil menikmati secangkir kopi hangat dan makanan ringan. (D1-8.00 PM)

F. Petualangan menaiki Jeep Offroad di Puncak bersama keluarga

Petualangan offroad dapat memakan waktu sekitar 4 jam perjalanan, dimulai pada jam 08.00 dari lapangan parkir Highland camp curug panjang, menuju punggungan barat daya gunung gede pangrango dengan melewati 4 type jalanan yaitu beraspal, beton, bebatuan dan tanah berlumpur dengan type pemandangan yaitu jalanan perkampungan puncak, perkebunan teh dan hutan.

7. Edukasi lingkungan dalam kemping keluarga

Secara tidak langsung maupun langsung, sepanjang aktivitas berkemah di Highland Camp, semua anggota keluarga di hadapkan pada pembelajaran lingkungan. Hal ini karena alam merupakan tempat belajar dan materi pembelajaran yang baik. Namun akan berbeda sekali, ketika anggota keluarga dihadapkan secara langsung dengan menanam pohon di pinggiran hutan atau di area sekitar Camp atau disalah satu spot tanam pada saat  offroad.  (Additional : D2-12.30 AM)

8. Sayonara

Usai sudah gambaran aktivitas camping keluarga di Campsite Kendeng zona Ciputri – Highland Camp pada hari kedua menjelang sore, Aktivitas akan diakhiri dengan hal yang sangat rilek, packing perlengkapan, lalu dibawa menuju kendaraan dan sayonara…. (D2-2.00 PM)

Perencanaan kemah keluarga seri offroad camp

Perencanaan merupakan hal terpenting dalam kegiatan kemah keluarga, hal ini dikarenakan kondisi lingkungan berkemah dan aktivitasnya yang jauh berbeda dengan kondisi keseharian keluarga diperkotaan. Oleh karenanya, keluarga harus mempersiapkan perlengkapannya seperti pakaian dan alas kaki (sandal dan sepatu gunung), jaket tebal dan kupluk, perlengkapan mandi, obat-obatan pribadi, makanan dan minuman serta lainnya. Sementara itu, yang telah dipersiapkan oleh Highland camp berupa Tenda dan kelengkapan akomodasi, alat pendukung aktivitas camping, unit-unit Jeep 4×4 / kendaraan offroad dan lainnya.

Baca Juga :
1. Kemah keluarga di Puncak dengan kegiatan Offroad dan journey

2. Jelajahi sudut-sudut Puncak Bogor dengan petualangan offroad dalam kegiatan Camping, Gathering atau Outbound

Serunya mengendarai Jeep Offroad bareng keluarga ketika family camp (kesimpulan)

Rentang usia untuk dapat mengikuti kegiatan offroad bersama keluarga ini adalah usia 10 tahun s.d 55 tahun dan dalam keadaan fisik yang sehat dan bugar, namun camping keluarga di Highland camp dapat diikuti oleh lintas usia, dari balita hingga sepuh. Dan, akan banyak pengalaman petualangan yang seru sekaligus menegangkan ketika mengendarai Jeep offroad di puncak bersama keluarga pada hari kedua.

Sementara itu, pengalaman pada hari pertama, keluarga akan diperhadapkan dengan kegiatan-kegiatan di Highland camp dan komplek air terjun curug panjang berupa aktivitas hiking / treking hutan, menyusuri sungai dan wisata air terjun. – Family camp serie offroad –