Curug Naga camping ground di Puncak Bogor

camp curug naga

Camping ground Curug Naga laksana kembaran dengan camp curug panjang yang dua-duanya berada dalam kawasan wisata minat khusus Curug Panjang. Kedua tempat berkemah ini sebagian besarnya di tutupi oleh vegetasi pinus merkusii dengan lingkungan hutan dan element air, yang membedakan adalah destinasi air terjun terdekat dan jalanan masuk dari jalan raya Puncak

Ketika berkemah di camp curug Naga, anda akan merasakan kesegaran alam dengan aroma pinus merkusii, suasananya sepadan dengan zona Ciputri yang berada di Highland Camp Curug Panjang, “Nyaman, Personal dan Menenangkan”. Dan, kehadiran aliran air terjun dengan suara gemuruh terjunan air curug Naga yang berada disebelah baratnya akan membawa anda bergemuruh pula untuk segera melakukan jelajah curug Naga.

Jelajah curug Naga merupakan sebuah aktivitas petualangan yang akan diawali trekking/hiking hutan dengan beragam tantangannya, selanjutnya anda akan menelusuri aliran sungai Ciesek hulu sungai Ciliwung dalam aktivitas body rafting, mendaki dan menuruni bebatuan, lalu berenang di kolam terjunan air curug Naga yang berwarna hijau tosca.

Pada malamnya, kehengingan hutan pinus merkusii, dimana disekitarnya terdapat tenda-tenda dome pangrango berdiri akan dimeriahkan oleh suasana kehangatan api unggun dengan beragam aktivitas kebersamaan seperti halnya barbeque, dan lainnya terjadi. Lalu malam-pun larut, dan anda akan beristirahat dalam sebuah tenda sehingga pagi menjelang.

WHATSAPP

H O T L I N E

+62 811-1114-084

Camp curug Naga merupakan bagian dari kawasan wisata alam curug Panjang, berada di lerengan barat gunung Paseban Megamendung Bogor. Curug Panjang merujuk pada sebuah destinasi air terjun sekaligus merujuk pada komplek air terjun yang berada pada aliran sungai Ciesek, dimana komplek tersebut terdiri dari empat terjunan air yaitu 1. Curug Barong, 2. Curug Naga, 3. Curug orok dan 4. Curug Panjang itu sendiri yang menjadi marker identity atau identitas penanda tempat.

Dalam kawasan Curug Panjang terdapat beberapa camping ground, terbesar adalah Highland Camp Curug Panjang, lainnya adalah Taman Alam Matahari dan beberapa tempat berkemah dalam lokasi kawasan wisata curug Panjang. Untuk menjangkau camping ground yang berada di sebelah  tenggara curug Naga, wisatawan dapat melewati jalan Cilember dengan durasi perjalanan sekitar 20 menit dengan menggunakan mobil.

Sementara itu, camping ground curug Naga berada di sebelah barat daya air terjun curug Naga, tepat setelah Samara camp. Untuk mencapai camp curug Naga, pekemping harus melewati jalan Megamendung yang berjarak sekitar 6,5 km dari pertigaan Megamendung  (Mesjid Nurul Huda) ke arah pusdik resintel.

Camp Curug Naga ; sebuah review tempat camping di Puncak Bogor

Dinamakan camping ground curug Naga karena tempat berkemah yang memiliki nama sebuah mahluk imaginer berbentuk samaran ular naga ini bersebelahan dengan air terjun curug Naga. Tempat camping berada di kampung Citamiang, Desa Megamendung, Kecamatan Megamendung Bogor, dibawah pengelolaan Perum Perhutani Jabar-Banten.

Suasana “Nyaman, Personal dan Menenangkan” adalah kesan yang dihadirkan dari tempat berkemah yang banyak digunakan oleh para pekemping keluarga dan outing kelompok-kelompok kecil perusahaan dengan aktivitas  jelajah curug naga sebagai tujuan kegiatan utamanya dan tenda sebagai akomodasinya..

Spot berkemah

Tajuk tegakan pinus merkusii yang menutupi sebagian besar areal camp curug Naga, memiliki 8 campsite (spot mendirikan tenda). Setiap site dapat ditempati maksimal oleh 2 unit tenda dome gede pangrango yang berukuran outside 3,5 x 2,5 meter. Dan, Sebagian besarnya site menghadap ke lembahan, disanalah air terjun curug Naga berada.

Kemegahan  perbukitan dan hutan pegunungan bawah dilerengan barat gunung Paseban, merupakan bonus lingkungan Curug Naga Camp. Perbukitan hijau yang memanjang dari barat daya ke tenggara merupakan hutan pegunungan bawah yang banyak ditumbuhi oleh beragam pepohonan khas hutan setengah bagian atasnya, sementara sebagian bawahnya adalah vegetasi pinus merkusii yang mendominasi.

Diarah barat, pemandangan kota dengan latar gunung Salak hanya dapat dinikmati oleh pekemping yang mendirikan tendanya di ujung timur camp curug Naga, itupun sedikit terhalangi oleh pepohonan rimbun yang menanungi tempat berkemah.

Keterjangkauan (Aksebilitas)

Untuk menuju Curug Naga camping ground yang berjarak 6,5 kilometer dari jalan raya puncak. Dari pertigaan Megamendung (Mesjid Nurul Huda), para pekemping akan melewati jalan menuju Pusdik Resintel Polri Megamendung, lalu mengambil arah kanan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Bank Mega. Sepanjang perjalanan (dari jalan raya puncak sampai Pusat Pendidikan dan Pelatihan Bank Mega), pekemping akan melewati komplek pervilaan, perkampungan dan beberapa hotel.

Suasana akan berbeda setelah melewati Pusat Pendidikan dan Pelatihan Bank Mega Megamendung, pekemping akan diperhadapkan dengan jalanan dimana dikiri dan kanan jalannya ditumbuhi oleh vegetasi pepohonan dengan tajuknya yang menutupi sebagian jalan. Beberapa spot jalan memperlihatkan kesan dan suasana jalanan ditengah hutan.

Fasilitas camping ground

Seperti tempat camping di lainnya, terdapat fasilitas-fasilitas dasar yang dimiliki oleh Camping ground curug Naga berupa toilet, lapangan parkir, lapangan berkemah, aula kegiatan, dan warung yang menyediakan beberapa kebutuhan ketika berkemah.

    1. Lapangan parkir ; berada di ujung jalan curug Naga memiliki daya tampung sampai 20 mobil.
    2. Toilet ; terdapat 1 unit toilet dengan 6 pintu
    3. Aula ; dapat menampung sekitar 20 orang, terbuat dari kontruksi kayu. Aula ini kerap digunakan sebagai tempat untuk santai memiliki warung kecil didalamnya.
    4. Warung  ; disekitar camping ground curug Naga terdapat warung penduduk dengan jarak +15 meter dari lapangan parkir.
    5. Site ; daya tampung Camping Ground Curug Naga sekitar 50 orang (maksimal), terbagi dalam 8 campsite yang sangat reprentatif untuk camping keluarga
    6. Untuk menuju sungai Ciesek dari camping ground curug Naga dapat ditempuh sekitar 150 meter dengan menuruni tangga.

Baca Juga :
Curug Naga Camp, Tempat camping di Puncak Bogor berbasis Adventure

Resume camping ground curug Naga di Puncak Bogor untuk wisata petualangan

Curug Naga camping ground yang berada dalam kawasan wisata minat khusus Curug Naga merupakan tempat berkemah di Puncak Bogor yang berada di sekitar air terjun curug Naga. Camping ground dengan dominasi pepohonan pinus merkusii sangat representatif untuk camping keluarga. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan ketika berkemah di Camp Curug Naga antar lain adalah jelajah air terjun, susur sungai, body rafting atau berwisata ke curug Panjang.

Baca Juga :
Camp di Puncak Bogor